PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI SD/MI

Authors

  • Ani Yanti Ginanjar Universitas Garut
  • Wita Widayanti Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283
Statistics: Abstract viewed : 1280 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1214 times

Keywords:

Model, multiliterasi, literasi matematis

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan tentang model pembelajaran multiliterasi pada aspek kemampuan literasi matematis di SD/MI. Pada Kurikulum 2013, model pembelajaran sangatlah penting karena dengan pemilihan model yang baik akan menjadikan siswa aktif, kreatif, dan menyenangkan. Salah satu model yang digunakan adalah model pembelajaran multiliterasi. Model pembelajaran multiliterasi adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu pemecahan masalah matematika yang berada dalam ranah kognitif dari taksonomi Bloom meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Kemampuan kognitif mengkreasi adalah keterampilan kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematis yaitu siswa memiliki kemampuan membaca, memahami, serta menulis  dalam matematika. Pada kemampuan literasi matematis tersebut, siswa diharapkan dapat berkomunikasi matematis, baik secara lisan maupun tulisan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-01-03

How to Cite

Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI SD/MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117–124. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283