Kemampuan Mahasiswa Calon Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menerapkan Pembelajaran Terpadu

Authors

  • Juhji Juhji Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 116 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 108 times

Keywords:

Kemampuan Mahasiswa, Pembelajaran Terpadu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan calon pendidik madrasah ibtidaiyah (mahasiswa) dalam menerapkan pembelajaran terpadu di madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis RPP dan lembar penilaian proses pembelajaran terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan (keterampilan) mahasiswa calon pendidik madrasah ibtidaiyah dalam menerapkan pembelajaran terpadu sebesar 77% berkategori baik, dengan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran sebesar 76.6% (baik), keterampilan menjelaskan konsep, prinsip, dan prosedur dalam pembelajaran terpadu sebesar 78.4% (sangat baik), keterampilan melaksanakan pembelajaran sesuai rancangan yang telah disusun sebesar 79.0% (sangat baik), keterampilan menggunakan alat, media, dan sumber belajar sebesar 80.0% (sangat baik), keterampilan bertanya (berkomunikasi) sebesar 77.9% (sangat baik), keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran sebesar 75.6% (baik), keterampilan mengelola kelas sebesar 75.3% (baik), dan keterampilan mengevaluasi sebesar 75.6% (baik).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Juhji Juhji, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-18

How to Cite

Juhji, J. (2017). Kemampuan Mahasiswa Calon Pendidik Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menerapkan Pembelajaran Terpadu. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(2), 161–174. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/154