Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6419


Keywords:
Pembelajaran IPA, Learning Cycle 5EAbstract
Guru memegang peranan yang sangat penting dalam mengkondisikan suasana pembelajaran, sehingga guru dan siswa dapat secara bersama-sama dalam proses belajar mengajar yang kondusif sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang mempelajari tentang benda-benda yang ada di sekitar kita atau fenomena alam dan gejala yang menyertainya. Dalam proses pembelajaran IPA dari dulu sampai sekarang dipandang menjadi sesuatu yang sulit, padahal IPA mempelajari hal-hal yang dapat dilihat, dirasakan dan dipikirkan. Kesulitan siswa dalam mempelajari IPA paling tidak ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tulisan ini bertujuan membantu guru dalam menentukan sebuah model pembelajaran IPA sehingga kesulitan belajar siswa dalam mempelajari IPA dapat diatasi. Salah satu model pembelajaran yang bisa dijadikan rujukan adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E yaitu suatu model pembelajaran yang memungkinkan siswa menemukan konsep sendiri atau memantapkan konsep yang dipelajari, mencegah terjadinya kesalahan konsep, dan memberikan peluang kepada siswa untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari pada situasi baru. Learning Cycle 5E meliputi 5 tahapan, yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.