Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mengubah Bentuk Pecahan

Authors

  • Nia Husniah Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten
  • Asep Saefurohman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 144 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 108 times

Keywords:

Model Problem Posing, hasil belajar, PTK

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan pasti (eksakta) yang berhubungan dengan bilangan yang bersifat abstrak. Sebagian besar siswa menganggap matematika itu mata pelajaran yang sulit dan minat siswa terhadap matematika masih kurang. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran matematika baik guru atau pun siswa banyak mengalami kesulitan yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di beberapa SD terutama materi mengubah bentuk pecahan, peneliti menggunakan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 66,67% dengan persentase ketuntasan 69,69%, dan siklus II nilai rata-rata mencapai 70,91 dengan persentase ketuntasan 81,81%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran matematika pokok bahasan mengubah bentuk pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nia Husniah, Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Asep Saefurohman, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-18

How to Cite

Husniah, N., & Saefurohman, A. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mengubah Bentuk Pecahan. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(2), 205–220. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/157