PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Fifi Yuliandini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indira Asish Vivi Yandari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Subhan Pamungkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2323
Statistics: Abstract viewed : 206 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 278 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada matapelajaranmatematika.Metodepenelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaranLearning Cycle 5E dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 3E. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebihbaikdaripadasiswa yang menggunakan model pembelajaranLearning Cycle 3E. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-30

How to Cite

Yuliandini, F., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 133–142. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2323