PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yasa Umami Setiawan SD Negeri Sempu 2 Kota Serang-Banten
  • Indhira Asih Vivi Yandari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Subhan Pamungkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2706
Statistics: Abstract viewed : 1619 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 2014 times

Keywords:

media pembelajaran, kartu domino pecahan, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu domino pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas IV, khususnya materi pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sempu 2 yang berjumlah 18 peserta didik. Pengambilan data diperoleh dengan tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan, (1) skor rata-rata dari validasi ahli dengan persentase sebesar 87,7% yang termasuk dalam kategori sangat layak (2) skor rata-rata respon peserta didik dengan persentase 90,2% yang termasuk dalam kategori sangat baik (3) skor rata-rata tes pemahaman sebesar 88,3 yang termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu domino pecahan layak digunakan dalam materi pecahan di kelas IV dan dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik kelas IV pada materi pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-30

How to Cite

Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2706

Issue

Section

Articles