PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN B-RUANG BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD

Authors

  • Muhammad Iqbal Indhira_1969@untirta.ac.id Asubhanp@untirta.ac.id
  • Indhira Asih Vivi Yandari
  • Aan Subhan Pamungkas

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v5i1.4687
Statistics: Abstract viewed : 288 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 238 times

Keywords:

Media Pembelajaran, B-Ruang, Matematika, Bangun Ruang, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dari hasil analisis yang ditelah dilakukan. Peserta didik memiliki minat yang rendah pada mata pelajaran matematika, karena guru selaku pendidik hanya mengandalkan sumber belajar yaitu buku untuk menyampaikan materi sehingga peserta didik merasa kesulitan untuk memahami konsep yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan media pembelajaran B-Ruang dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika khusunya materi bangun ruang di kelas V SDN Kedawung. Penelitian ini menggunakan  metode research and development (R&D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Angket dan dokumentasi digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data. Angket terdiri dari empat angket: ahli media, ahli materi, angket praktisi lapangan, dan angket respon peserta didik. Kesimpulan yang diperoleh adalah media pembelajaran B-Ruang mampu meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika khusunya  pada materi bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor persentase sebesar 88,89% pada kategori “Sangat Baik” berdasarkan interpretasi Ridwan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-29

How to Cite

Iqbal, M., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN B-RUANG BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.32678/primary.v5i1.4687

Issue

Section

Articles