Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jam
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2983


Keywords:
Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Materi Jam, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Permasalahan ketidaktertarikan siswa dalam memahami materi jam karena siswa menganggap bahwa mata pelajaran matematika adalah pembelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini disebabkan karena guru kurang mampu memilih metode yang baik terhadap materi pelajaran sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada tiap siklusnya. Pada pra siklus (47,3), pada siklus I mencapai (63,7) dan pada siklus II (83,4) dan persentase ketuntasan mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ContextualTeaching And Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.