Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jam

Authors

  • Siti Romdonatul Fitriyah Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fitri Hilmiyati Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2983
Statistics: Abstract viewed : 99 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 106 times

Keywords:

Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Materi Jam, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Permasalahan ketidaktertarikan siswa dalam memahami materi jam karena siswa menganggap bahwa mata pelajaran matematika adalah pembelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini disebabkan karena guru kurang mampu memilih metode yang baik terhadap materi pelajaran sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada tiap siklusnya. Pada pra siklus (47,3), pada siklus I mencapai (63,7) dan pada siklus II (83,4) dan persentase ketuntasan mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ContextualTeaching And Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-06-30

How to Cite

Fitriyah, S. R., & Hilmiyati, F. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jam. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(1), 111–118. https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2983

Issue

Section

Articles