Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Quick On The Draw Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Rumusnya


Keywords:
hasil belajar, matematika, strategi quick on the draw, bangun datarAbstract
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah hasil belajar masih cukup rendah dan aktivitas siswa menunjukan ketidaktertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika karena minimnya media dan pemahaman terhadap strategi atau model pembelajaran yang digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka salah satunya adalah dengan penggunaan metode quick on the draw. Sehingga diharapkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dapat meningkat.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I; hasil belajar siswa yang sudah mencapai nilai dikatakan tuntas belajarnya berjumlah 17 siswa dari 27 siswa dengan nilai ratarata 65,00, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang sudah dikatakan tuntas belajarnya berjumlah 25 siswa dari 27 siswa dengan nilai rata-rata mencapai 78,88. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66,88%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus II mencapai 94,11%. Hal ini menunjukan kecapaian pembelajaran di atas indikator keberhasilan yang ditetapkan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi matematika kelas V.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.