Meningkatkan Minat Belajar Membaca Puisi dengan Menggunakan Metode Simulasi

Authors

  • Imas Mastoah IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 134 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 145 times

Keywords:

Minat, Metode simulasi, Membaca Puisi

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menda-patkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa. Untuk meningkatkan belajar membaca puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan pada Penelitian Tin-dakan Kelas dengan menggunakan metode simulasi. Penelitian ini dila-kukan di SD Negeri Tegal 1 Kec. Cikedal Kab. Pandeglang dengan jum-lah sampel 12 orang dengan 2 siklus. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar membaca puisi dengan metode simulasi sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penje-lasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran simulasi. Di lain sisi guru sebagai kolaborator dalam penelitian ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran simulasi. Berda-sarkan observasi siklus kedua siswa sudah mulai memahami implemen-tasi pembelajaran simulasi dan menunjukan hasil yang cukup memuas-kan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi. Dari hasil evaluasi, nilai siswa meningkat dari 59 menjadi 68 dan siklus kedua menjadi 80. Dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siklus pertama, kedua, dan ketiga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan minat baca membaca puisi pada kelas V SDN Tegal 1 Kecamatan Cikedal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Imas Mastoah, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Published

2017-06-21

How to Cite

Mastoah, I. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Membaca Puisi dengan Menggunakan Metode Simulasi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(1), 25–42. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/301

Issue

Section

Articles