Meningkatkan Minat Belajar Membaca Puisi dengan Menggunakan Metode Simulasi


Keywords:
Minat, Metode simulasi, Membaca PuisiAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menda-patkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa. Untuk meningkatkan belajar membaca puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan pada Penelitian Tin-dakan Kelas dengan menggunakan metode simulasi. Penelitian ini dila-kukan di SD Negeri Tegal 1 Kec. Cikedal Kab. Pandeglang dengan jum-lah sampel 12 orang dengan 2 siklus. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar membaca puisi dengan metode simulasi sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penje-lasan kepada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran simulasi. Di lain sisi guru sebagai kolaborator dalam penelitian ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran simulasi. Berda-sarkan observasi siklus kedua siswa sudah mulai memahami implemen-tasi pembelajaran simulasi dan menunjukan hasil yang cukup memuas-kan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi. Dari hasil evaluasi, nilai siswa meningkat dari 59 menjadi 68 dan siklus kedua menjadi 80. Dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siklus pertama, kedua, dan ketiga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan minat baca membaca puisi pada kelas V SDN Tegal 1 Kecamatan Cikedal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.