IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MIS CIWARU KOTA SERANG

teori belajar humanistik

Authors

  • Imas Mastoah UIN SMH BANTEN
  • Yufiarti Yufiarti Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Supena Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4718
Statistics: Abstract viewed : 412 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1877 times

Keywords:

Teori belajar, Pembelajaran, Humanistik

Abstract

Sejak Indonesia dilanda wabah Covid-19, pemerintah memberlakukan adanya program belajar di rumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teori belajar humanistik dalam melihat perkembangan pembelajaran bagi pelajar yang sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh di MIS Ciwaru kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan tahapan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambar bukan angka, yang mana data diperoleh dari narasumber atau obyek penelitian dan perilaku yang diamati dilapangan. Pembelajaran dan belajar merupakan dua kata yang ada di dalam dunia pendidikan. Belajar bertujuan untuk memperoleh pengetahuan, tingkah laku, keterampilan, dan juga kebebasan. Belajar memiliki empat teori, salah satunya yaitu teori belajar humanistik. Konsep dari teori ini yaitu memanusiakan manusia. Konsep teori ini perlu di terapkan di MIS Ciwaru kota serang, dikarenakan untuk meningkatkan semangat belajar siswa di masa pandemi.  

Sejak Indonesia dilanda wabah Covid-19, pemerintah memberlakukan adanya program belajar di rumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teori belajar humanistik dalam melihat perkembangan pembelajaran bagi pelajar yang sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh di MIS Ciwaru kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan tahapan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambar bukan angka, yang mana data diperoleh dari narasumber atau obyek penelitian dan perilaku yang diamati dilapangan. Pembelajaran dan belajar merupakan dua kata yang ada di dalam dunia pendidikan. Belajar bertujuan untuk memperoleh pengetahuan, tingkah laku, keterampilan, dan juga kebebasan. Belajar memiliki empat teori, salah satunya yaitu teori belajar humanistik. Konsep dari teori ini yaitu memanusiakan manusia. Konsep teori ini perlu di terapkan di MIS Ciwaru kota serang, dikarenakan untuk meningkatkan semangat belajar siswa di masa pandemi.  

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-29

How to Cite

Mastoah, I., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2021). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MIS CIWARU KOTA SERANG: teori belajar humanistik. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(1), 31–42. https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4718

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)