Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Di TK As-Sunnah
DOI:
https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i2.9428


Keywords:
experiment, science games, early childhoodAbstract
Science-based early childhood education can greatly enhance a child's development. They can actively participate in scientific research and experiments, which garners their creativity and curiosity. Researchers used the PTK approach in this study. As-Sunnah Kindergarten in Tasikmalaya City served as the location for this research, which was carried out from April to May 2023. The results of the research are presented in a narrative format based on a study of various sources, including books, journals, and others. material that is relevant to the problem and subject matter regarding the experimental method. Findings from observations also revealed that the majority of children were able to show reactions such as worry, joy, curiosity, spontaneousness, and not giving up easily.
Downloads
References
Adawiyah, W. N., Mulyana, E. H., & Elan, E. (2020). Pengembangan Dasar Kebutuhan Rencana Kegiatan Pembelajaran Berorientasi Sains Pada Sub Tema Air Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Mengamati Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 324-336.
Amantika, D., Aziz, A., & Travelancya, T. (2022). Bermain Sains pada Anak Usia Dini untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Penerapan Metode Eksperimen. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4526-4532.
Ashadi, F., & Hartawan, I. M. (2022). Pengenalan Sains Sederhana dengan Bermain Sambil Belajar untuk Melatih Kemampuan Berpikir pada Anak Usia Dini. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 111-120.
Hidayati, I. S., Putri, P. O., & Sarumaha, Y. A. (2021). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Prembulan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Intersections, 6(2), 3037. https://doi.org/10.47200/INTERSECTIONS.V6I2.1111
Imroatun, I. (2016). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Utama Anak Raudhatul Athfal. a-ibyn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 4048.
Imroatun, I., Adilatunnisa, A., Hasanah, N., & Rahayu, S. H. (2021). Implementasi Bermain Lego Sebagai Pembelajaran Harian Untuk Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 5567. https://doi.org/10.35473/IJEC.V3I2.1005
Juhji, J. (2016). Pembelajaran Sains Pada Anak Raudhatul Athfal. a-ibyn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 4959.
Lumbantoruan, M. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Materi Hukum Termodinamika Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Siborongborong Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Intersections, 6(2), 4755. https://doi.org/10.47200/INTERSECTIONS.V6I2.898
Maviyah, A. (2021). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 97-101.
Marlina, A. I., Nuraida, N., & Rizal, S. S. (2020). Upaya meningkatkan pengetahuan sains melalui pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar untuk anak usia dini. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).
Miladia, N. W., & Muslim, M. (2022). Magical Games Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(2), 253-269.
Musaropah, U., Ayu Zita Sari, N., Hermawan, T., & Nasruddin, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Congklak Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bagi Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Intersections, 7(1), 1119. https://doi.org/10.47200/INTERSECTIONS.V7I1.973
Nadirah, Y. F. (2016). Mengoptimalkan Otak Anak Sejak Usia Dini. a-ibyn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186195.
Nuryati, N., Muthmainnah, M., Lubis, H. Z., Talango, S. R., Ibrohim, B., & Nadjih, D. (2021). Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 139148. https://doi.org/10.32678/AS-SIBYAN.V6I2.4649
Rosyani, R., Muslihin, H. Y., Rahman, T., & Koresponden, P. (2022). Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Berdasarkan Analisis Pola Pengasuhan. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 157166. https://doi.org/10.32678/AS-SIBYAN.V7I2.5728
Sari, D. R. (2021). Peran Pembelajaran Sains untuk Membentuk Karakter pada Anak Usia Dini. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(1), 33-36.
Sari, D. Y., & Maulani, S. (2019). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sains anak usia dini. EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 3(1), 24-31.
Setiawati, G. A. D., & Ekayanti, N. W. (2021). Bermain Sains Sebagai Metode Yang Efektif Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 126-136.
Sriyono, S. Metode eksperimen untuk meningkatkan pembelajaran sains pada anak usia dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(4), 187-190.
Suryameng, S., & Marselina, T. Y. (2019). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Santa Yohana Antida 2 Sintang. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46-58.
Susilawati, S., & Sumitra, A. (2021). Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 606-615.
Umayah, U., Juhri, J., Muqdamien, B., Fauzia, W., & Maulida Qolbiyah, S. M. (2021). Penggunaan Balok Cuiseniare Untuk Media Pengenalan Bilangan Bagi Anak Usia Dini. Intersections, 6(1), 3442. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.590
Wati, E. K., & Jayanti, R. R. S. (2022). Pengembangan Game Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(3).
Weni, R. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Proyek Dengan Media Kartu Pintar Siswa TK Pertiwi Banteran Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 147163.
Widadiyah, Q., & Andrayani, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Balon Udara Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 3(1), 1-6.
Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94-103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novi Sri Handayani, Rikha Surtika Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.