PENGARUH METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI CERITA RAKYAT

Authors

  • Devi Afiani Safitri UIN SMH Banten
  • Siti Ngaisah UIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1261
Statistics: Abstract viewed : 231 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 211 times

Keywords:

Kemampuan membaca pemahaman, materi cerita rakyat, metode CIRC

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang menggunakan metode CIRC dalam pembelajaran dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SDN Sumuranja 1 dan 2 Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu tipe Non-equivalent Control Group Design. Pengambilan populasi pada penelitian ini tidak dilakukan secara random, melainkan dipilih langsung. Data kemampuan membaca pemahaman siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal uraian yang berjumlah 5 butir soal. Kemudian, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan stastistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapat nilai p-value < nilai signifikansi yaitu 0,007<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional atau model pembelajaran langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-21

How to Cite

Safitri, D. A., & Ngaisah, S. (2018). PENGARUH METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI CERITA RAKYAT. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(1), 75–84. https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1261

Issue

Section

Articles