Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2978


Keywords:
Pembelajaran, Pendidikan, Agama Islam, Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar menjadi suatu keniscayaan untuk dilaksanakan. karena melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, peserta didik di Sekolah Dasar akan menda-patkan pengetahuan agama sebagai penguat pengetahuan agama yang telah diperoleh dari lingkungan keluarga maupun masyarakat tempat peserta didik tinggal. Pengetahuan agama Islam ini selanjutnya dite-rapkan di dalam kehidupan sehari-hari peserta didik melalui bimbingan, dorongan, asuhan maupun suri tauladan dari guru Pendidikan Agama Islam di sekolah beserta para guru yang lainnya. Suri tauladan atau contoh dari guru Pendidikan Agama Islam maupun para guru yang lain menjadi suatu hal yang sangat penting karena pada usia Sekolah Dasar ini, para peserta didik masih dalam tahap imitasi yakni meniru apa yang dilakukan oleh para gurunya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar ini, setidaknya para guru PAI di Sekolah-Sekolah Dasar di kota Serang memiliki latar belakang pen-didikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Demikian juga dari sudut penggunaan metode pembelajaran, guru-guru PAI di kota Serang telah menggunakan metode yang bervariasi yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Demikian juga pemilihan sumber belajar yang digu-nakan oleh para guru PAI di SDN di kota Serang guru mengalami peningkatan kreativitas, guru tidak hanya menggunakan buku paket tetapi guru sudah menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, selain juga para guru menyusun buku sebagai pengayaan untuk materi pelajaran PAI.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.