PENGARUH PENGUNAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Handun Handun UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Habudin Habudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wida Rachmiati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2635
Statistics: Abstract viewed : 284 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 247 times

Keywords:

Matematika realistik, literasi matematis, siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar dan menganalisis kemampauan literasi matematika siswa sekolah dasar dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Tenjo 01 Kec. Tenjo Kab. Bogor. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi atau objek penelitiannya adalah seluruh SDN Tenjo yang berakreditasi B, dalam penelitian ini mengambil Sampel seluruh siswa di Kelas V SDN Tenjo 01 Kec. Tenjo Kab. Bogor. Semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, ujinormalitas, uji homogenitas dan uji- t. Hasil olahan data adalah thitung = 7,81 > t tabel = 1.697 dengan α= 0.05, hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistic terhadap kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar.

Kata kunci : Kemampuan literasi matematika, Matematika, Pengaruh

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-30

How to Cite

Handun, H., Habudin, H., & Rachmiati, W. (2020). PENGARUH PENGUNAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 67–76. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2635

Issue

Section

Articles