Penigkatan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Melalui Metode Eksperimen

Authors

  • Wiwi Widia Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten
  • Wida Rachmiati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 99 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 184 times

Keywords:

Metode Eksperimen, IPA di SD, Konsep Gaya

Abstract

IPA merupakan salah satu pelajaran wajib yang terdapat di seluruh jenjang pendidikan terutama pada tingkat pendidikan dasar dan memiliki berbagai macam kesulitan serta tantangan dalam pemahamannya. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh beberapa Sekolah Dasar adalah Masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada konsep gaya serta belum maksimalnya guru dalam membimbing dan menggali kemampuan individu siswa menjadi beberapa permasalahan yang di penelitian ini dan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan tindakan ini, didapatkan hasil yang menunjukkan pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata pada siklus I (60,65) dan siklus II (80,22). Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 60,87% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep gaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiwi Widia, Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI FTK IAIN SMH Banten

Wida Rachmiati, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-18

How to Cite

Widia, W., & Rachmiati, W. (2017). Penigkatan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Melalui Metode Eksperimen. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(2), 249–266. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/160

Most read articles by the same author(s)