Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Melalui Metode Eksperimen

Authors

  • Fitriah Fitriah Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten
  • Wida Rachmiati Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 380 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 408 times

Keywords:

Metode Eksperimen, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Proses pembelajaran IPA di kelas V SDN Gunung Cupu 1 masih menggunakan model konvensional, sehingga dalam proses pembelajarannya hanya berjalan satu arah, dan menyebabkan hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran salah satunya melalui Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, penerapan metode eksperimen sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam metode eksperimen yang dilakukan dengan baik. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai dari setiap siklus. Pada tahap siklus I persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 29,16%. Dan pada tahap siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 75%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pada pokok bahasan cahaya dan sifatnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitriah Fitriah, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Wida Rachmiati, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Published

2017-12-29

How to Cite

Fitriah, F., & Rachmiati, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Melalui Metode Eksperimen. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(2), 269–284. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/429

Most read articles by the same author(s)