Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013

Authors

  • Nova Nova Jurusan PGMI IAIN SMH Banten
  • Habudin Habudin Jurusan PGMI IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 129 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 129 times

Keywords:

Buku teks tematik, kurikulum 2013

Abstract

Analisis ini dilatar belakangi adanya beberapa temuan kekurangsesuaian buku teks kurikulum 2013. Oleh karena itu, penelitian ini ialah mencoba untuk mengetahui letak kekurangsesuaian isi buku teks siswa tersebut berdasarkan emapat aspek: aspek spritual, aspek sosial, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Hasil penelitian menunjukan dari segi materi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku dengan kurikulum 2013 sudah sesuai dengan empat aspek yang terdapat dalam setiap KI. Dalam aspek spritual tidak semua pembelajaran dari setiab subtema terdapat kalimat spritual, dalam aspek sosial sudah sesuai dikarenakan dalam setiap pembelajaran dari tiap subtema memiliki aspek sosial, sikap positip dan karakter, dalam aspek pengetahuan mengenai
keluasan materi bahwasannya sudah sesuai, dalam aspek keterampilan dalam kurikulum 2013 ini memiliki keterampilan yang bagus dalam keterkaitan materi, komunikasi, kemenarikan materi dan mencari informasi lebih lanjut sudah sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nova Nova, Jurusan PGMI IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI IAIN SMH Banten

Habudin Habudin, Jurusan PGMI IAIN SMH Banten

Dosen Jurusan PGMI IAIN SMH Banten

Published

2017-07-11

How to Cite

Nova, N., & Habudin, H. (2017). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 111–130. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/420

Issue

Section

Articles