Analisis Pelaksanaan Penilaian Sikap Sosial Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • Selvia Mutafidoh Jurusan PGMI UIN SMH Banten
  • Eko Wahyu Wibowo FTK UIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 349 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 3756 times

Keywords:

Penilaian, Sikap Sosial, Kurikulum 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian sikap sosial siswa berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu dengan cara mengkoleksi data sebelum di lapangan, kemudian setelah di lapangan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, guru kesatu pelaksanaan penilaian sikap sosial yang dilakukan oleh guru melalui teknik observasi dan teknik jurnal yang dilakukan oleh guru. Dan juga teknik penilaian diri, dan penilaian antar teman yang dilakukan oleh siswa. Kedua, guru kedua pelaksanaan penilaian sikap sosial yang dilakukan oleh guru hanya menggunakan teknik jurnal atau catatan pendidik. ketiga, guru ketiga pelaksanaan penilaian sikap sosial siswa yang dilakukan oleh guru hanya menggunakan teknik observasi dan teknik jurnal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Selvia Mutafidoh, Jurusan PGMI UIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI UIN SMH Banten

Eko Wahyu Wibowo, FTK UIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-07-11

How to Cite

Mutafidoh, S., & Wibowo, E. W. (2017). Analisis Pelaksanaan Penilaian Sikap Sosial Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 79–92. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/418

Issue

Section

Article