MEDIA VIDEO ANIMASI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD/MI

Authors

  • Nadya Fatimaturohmah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Eko Wahyu Wibowo UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Khaeroni UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v16i2.11159
Statistics: Abstract viewed : 72 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 31 times

Keywords:

Video animasi, pendidikan IPAS, hasil belajar, pengembangan media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi untuk mata pelajaran IPAS guna meningkatkan hasil belajar serta mengevaluasi kelayakannya melalui validasi oleh ahli, guru, dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV MI Al-Falah Andamui dengan melibatkan 27 siswa dan satu pendidik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahap Analisis, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Tahap Desain menghasilkan rancangan video animasi yang divalidasi oleh tiga ahli. Pada tahap Pengembangan, media divalidasi dan disempurnakan. Tahap Implementasi dilakukan dengan menguji media pada pendidik dan siswa, sedangkan tahap Evaluasi mencakup perencanaan perbaikan berdasarkan hasil uji coba. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata sebesar 82%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Selain itu, uji efektivitas dengan siswa menghasilkan skor N-gain sebesar 88,20%, yang tergolong sangat efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa media video animasi yang dikembangkan dalam penelitian ini layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nadya Fatimaturohmah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Eko Wahyu Wibowo, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Khaeroni, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

References

Anditiasari, Nungki, and Nuriana Rachmani Dewi, ‘Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes’, Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6.1 (2021), 97–108

Asmah, Asmah, Nursalam Nursalam, and Hidayah Quraisy, ‘MENGEMBANGKAN E-MODULE BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIDUKUNG APLIKASI FLIPBOOK PENGAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 112 BOTTO’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.2 (2022), 1063–73

Dakhi, Agustin Sukses, ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Education and Development, 8.2 (2020), 468

Kemendikbud, ‘Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) SD-SMA’, Merdeka Mengajar, 2022

Khaeroni, K. (2021). Metodologi Penelitian & Pengembangan (Pendekatan Praktis Disertai Contoh Pengembangan Model 4D dalam Bidang Pendidikan). Media Madani. http://repository.uinbanten.ac.id/12386/

Lee, William W, and Diana L Owens, Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions (John Wiley & Sons, 2004)

Mustahidin, Arip Arizal, and Eko Wahyu Wibowo, ‘Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Metode Course Review Horay’, Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 3.2 (2016), 211–24

Noor, T., ‘RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Pasal 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003’, Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2.01 (2018), 123–44

Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, and Umi Nur Sifa, ‘Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III’, PENSA, 3.2 (2021), 243–55

Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampel, and I Komang Sudarma, ‘Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar’, Jurnal Edutech Undiksha, 6.1 (2018), 9–19

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Semara, Trisna Angga, and Anak Agung Gede Agung, ‘Pengembangan Video Animasi Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar’, Mimbar Ilmu, 26.1 (2021), 99

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wibowo, Eko Wahyu, ‘Statistika Dasar Untuk Studi Islam’, 2021

Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Agam Royana, ‘Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar’, MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11.1 (2020), 1–21

Zulfa, Fitria Nurliana, and Andi Prastowo, ‘Pemanfaatan Video Interaktif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah’, EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5.5 (2023), 1833–41.

Published

2024-12-31

How to Cite

Fatimaturohmah, N., Wibowo, E. W., & Khaeroni, K. (2024). MEDIA VIDEO ANIMASI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD/MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 16(2), 173–186. https://doi.org/10.32678/primary.v16i2.11159

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>