MEDIA VIDEO ANIMASI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v16i2.11159


Keywords:
Video animasi, pendidikan IPAS, hasil belajar, pengembangan mediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi untuk mata pelajaran IPAS guna meningkatkan hasil belajar serta mengevaluasi kelayakannya melalui validasi oleh ahli, guru, dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV MI Al-Falah Andamui dengan melibatkan 27 siswa dan satu pendidik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahap Analisis, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Tahap Desain menghasilkan rancangan video animasi yang divalidasi oleh tiga ahli. Pada tahap Pengembangan, media divalidasi dan disempurnakan. Tahap Implementasi dilakukan dengan menguji media pada pendidik dan siswa, sedangkan tahap Evaluasi mencakup perencanaan perbaikan berdasarkan hasil uji coba. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata sebesar 82%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Selain itu, uji efektivitas dengan siswa menghasilkan skor N-gain sebesar 88,20%, yang tergolong sangat efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa media video animasi yang dikembangkan dalam penelitian ini layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS
Downloads
References
Anditiasari, Nungki, and Nuriana Rachmani Dewi, ‘Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes’, Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6.1 (2021), 97–108
Asmah, Asmah, Nursalam Nursalam, and Hidayah Quraisy, ‘MENGEMBANGKAN E-MODULE BERBASIS KEARIFAN LOKAL DIDUKUNG APLIKASI FLIPBOOK PENGAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 112 BOTTO’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.2 (2022), 1063–73
Dakhi, Agustin Sukses, ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Education and Development, 8.2 (2020), 468
Kemendikbud, ‘Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) SD-SMA’, Merdeka Mengajar, 2022
Khaeroni, K. (2021). Metodologi Penelitian & Pengembangan (Pendekatan Praktis Disertai Contoh Pengembangan Model 4D dalam Bidang Pendidikan). Media Madani. http://repository.uinbanten.ac.id/12386/
Lee, William W, and Diana L Owens, Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions (John Wiley & Sons, 2004)
Mustahidin, Arip Arizal, and Eko Wahyu Wibowo, ‘Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Metode Course Review Horay’, Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 3.2 (2016), 211–24
Noor, T., ‘RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Pasal 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003’, Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2.01 (2018), 123–44
Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, and Umi Nur Sifa, ‘Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III’, PENSA, 3.2 (2021), 243–55
Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampel, and I Komang Sudarma, ‘Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar’, Jurnal Edutech Undiksha, 6.1 (2018), 9–19
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Semara, Trisna Angga, and Anak Agung Gede Agung, ‘Pengembangan Video Animasi Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar’, Mimbar Ilmu, 26.1 (2021), 99
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wibowo, Eko Wahyu, ‘Statistika Dasar Untuk Studi Islam’, 2021
Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Agam Royana, ‘Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar’, MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11.1 (2020), 1–21
Zulfa, Fitria Nurliana, and Andi Prastowo, ‘Pemanfaatan Video Interaktif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah’, EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5.5 (2023), 1833–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadya Fatimaturohmah, Eko Wahyu Wibowo, Khaeroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.