Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri

Authors

  • Imas Masturoh Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten
  • Khaeroni Khaeroni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v9i02.425
Statistics: Abstract viewed : 433 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 597 times

Keywords:

Alat peraga, Geoboard, hasil belajar, matematika, geometri

Abstract

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika merupakan upaya menjembatani pola berpikir siswa tingkat SD/MI yang masih dalam tahap konkret dengan objek kajian matematika yang bersifat abstrak. Pokok bahasan geometri merupakan salah satu contoh objek kajian matematika yang notabene abstrak. Seringkali pembelajaran geometri di SD/MI dilakukan dengan menggunakan gambar baik dengan menunjukkan gambar yang sudah ada atau menggambar ulang. Akan tetapi pembelajaran geometri dengan cara demikian ternyata tidak cukup efektif bagi siswa tingkat SD/MI karena menganggap gambar sebagai bentuk semi konkret. Oleh karena itu, diperlukan alat peraga yang dapat menjembatani perbedaan tersebut. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan  dalam pembelajaran matematika adalah geoboard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga geoboard yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri di Kelas IV SDN Rawa Kidang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dan desain penelitian one group design. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test yang
sebelumnya telah diketahui normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga geoboard memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Imas Masturoh, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Khaeroni Khaeroni, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten

Published

2017-12-29

How to Cite

Masturoh, I., & Khaeroni, K. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(2), 189–210. https://doi.org/10.32678/primary.v9i02.425

Most read articles by the same author(s)