Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Direct Instruction Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia


Keywords:
Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Direct instructionAbstract
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran selain metode, strategi, atau model yang digunakan dalam perangkat tersebut. Selama ini perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum mencerminkan penerapan salah satu metode, strategi, atau model yang sesuai dan seirama dengan karakteristik materi yang disampaikan. Kalaupun ada ternyata komponennya belum lengkap dan integratif. Hal ini mengakibatkan capaian keberhasilan dalam pembelajaran kurang maksimal karena siswa kurang mendapatkan instrumen-instrumen yang sesuai dalam pembelajaran. Maksud penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada model pembelajaran direct instruction pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dirancang ini meliputi RPP, LKS, dan instrumen penilaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, validasi oleh ahli di bidang IPA adalah sangat baik untuk semua perangkat yang dikembangkan; kedua, validasi oleh ahli pembelajaran adalah baik untuk semua perangkat yang dikembangkan; ketiga, hasil uji coba kelompok kecil adalah sangat baik; keempat, hasil validasi observer adalah sangat baik; dan kelima, guru menilai pembelajaran dengan menggunakan perangkat tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi lebih baik dan menghasilkan pembelajaran bermakna. Dengan demikian, perangkat pembelajaran berorientasi model direct instruction dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran IPA.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.