PENGGUNAAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG ENERGI

Authors

  • Neng Mutmainah UIN SMH Banten
  • Khaeroni Khaeroni UIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1255
Statistics: Abstract viewed : 142 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 85 times

Keywords:

Hasil belajar, IPA, Practice Rehearsal Pairs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Metode Practice Rehearsal Pairs dengan menggunakan metode Kuasi Eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV semester II di MI Negeri 1 Serang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pengajaran IPA kelas IV di MIN 1 Serang pada umumnya masih menggunakan metode konvensional, serta penggunaan media dan metode belajar belum bervariasi. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA tentang energi pada siswa kelas IV di MIN 1 Serang. Berdasarkan hasil analisis akhir, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 70,833 dan dan kelas kontrol 63,333. Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata dari kedua kelompok memiliki perbedaan, dengan hasil rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan metode Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA tentang energi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-12-21

How to Cite

Mutmainah, N., & Khaeroni, K. (2018). PENGGUNAAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG ENERGI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1255

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)