Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika


Keywords:
Alat peraga, konsep dasar matematika SD/MIAbstract
Sering dijumpai siswa yang tidak tuntas pada suatu materi tertentu bukan karena tidak memahami materi tersebut, melainkan karena tidak menguasai konsep dasar dari materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk membelajarkan konsep dasar matematika menggunakan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan mental siswa. Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan, pembelajaran kontekstual dengan menggunakan alat peraga
dapat menjembatani pemahaman siswa pada ranah konkret dengan konsep dasar matematika yang bersifat abstrak sehingga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah-masalah di atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penggunaan alat peraga pada pembelajaran dalam peningkatan pemahaman konsep dasar matematika. Selain itu, juga untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dasar matematika dengan penggunaan alat peraga pada pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 Siklus. Terdapat tiga indikator yang dipilih sebagai kriteria pemahaman konsep dasar matematika. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep dasar matematika yang dilihat dari peningkatan keberhasilan pencapaian setiap indikator pemahaman konsep dasar matematika. Dari hasil evaluasi, refleksi, dan perbaikan yang dilakukan pada akhir siklus, diperoleh deskripsi penggunaan alat peraga dalam tiga langkah, yaitu 1) Guru mendemonstrasikan langkah penggunaan alat peraga secara perlahan dan mendetail untuk menjelaskan konsep dasar matematika disertai dengan contoh soal dan bagaimana menyelesaikan soal tersebut dengan menggunakan alat peraga; 2) Beberapa orang siswa diminta maju ke depan untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan alat peraga yang sama. Proses ini perlu dilakukan lebih dari sekali; dan 3) Alat peraga digunakan secara berpasangan
di dalam kelompok dengan didampingi guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primaryis licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.