Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika

Authors

  • Sobri Sobri MIN 1 Kota Cilegon
  • Khaeroni Khaeroni, KH Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 245 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 336 times

Keywords:

Alat peraga, konsep dasar matematika SD/MI

Abstract

Sering dijumpai siswa yang tidak tuntas pada suatu materi tertentu bukan karena tidak memahami materi tersebut, melainkan karena tidak menguasai konsep dasar dari materi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk membelajarkan konsep dasar matematika menggunakan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan mental siswa. Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan, pembelajaran kontekstual dengan menggunakan alat peraga
dapat menjembatani pemahaman siswa pada ranah konkret dengan konsep dasar matematika yang bersifat abstrak sehingga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah-masalah di atas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penggunaan alat peraga pada pembelajaran dalam peningkatan pemahaman konsep dasar matematika. Selain itu, juga untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dasar matematika dengan penggunaan alat peraga pada pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 Siklus. Terdapat tiga indikator yang dipilih sebagai kriteria pemahaman konsep dasar matematika. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi  peningkatan pemahaman konsep dasar matematika yang dilihat dari peningkatan keberhasilan pencapaian setiap indikator pemahaman konsep dasar matematika. Dari hasil evaluasi, refleksi, dan perbaikan yang dilakukan pada akhir siklus, diperoleh deskripsi penggunaan alat peraga dalam tiga langkah, yaitu 1) Guru mendemonstrasikan langkah penggunaan alat peraga secara perlahan dan mendetail untuk menjelaskan konsep dasar matematika disertai dengan contoh soal dan bagaimana menyelesaikan soal tersebut dengan menggunakan alat peraga; 2) Beberapa orang siswa diminta maju ke depan untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan alat peraga yang sama. Proses ini perlu dilakukan lebih dari sekali; dan 3) Alat peraga digunakan secara berpasangan
di dalam kelompok dengan didampingi guru.

     

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sobri Sobri, MIN 1 Kota Cilegon

Guru MIN 1 Kota Cilegon

Khaeroni Khaeroni, KH, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-18

How to Cite

Sobri, S., & Khaeroni, K. (2017). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(2), 185–204. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/156

Most read articles by the same author(s)