Analisis Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Efront untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Eko Wahyu Wibowo Dosen Jurusan PGMI IAIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6421
Statistics: Abstract viewed : 114 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 99 times

Keywords:

efektivitas, e-Learning, kompetensi, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini menjawab rumusan permasalahan penelitian, yaitu “Apa-kah e-Learning berbasis e-Front efektif digunakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa semester II jurusan PAI dalam perkuliahan Dasar-dasar Matematika di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten?”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian two-group posttest only design. Bentuk instru-men yang digunakan adalah tes obyektif pilihan ganda (multiple choice). Populasi penelitian adalah 6 kelas PAI semester II yang melaksanakan perkuliahan Dasar-dasar Matematika, dengan sampel peneli-tian kelas PAI D dan PAI F, yang masing-masing berperan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa efek-tivitas penggunaan e-Learning berbasis eFront dalam meningkatkan kompetensi belajar mahasiswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-12-20

How to Cite

Wibowo, E. W. (2015). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Efront untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), 237–246. https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6421