VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4711


Keywords:
Video Pembelajaran, Pemahaman Matematis, Karakter Religius, Siswa SDAbstract
Adanya fenomena dikotomi antara mata pelajaran umum khususnya matematika dengan agama merupakan pemicu untuk dilakukanya penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar angket, tes dan lembar self assesment. Tahapan pengembangan terdiri dari kegiatan: Survey lapangan, studi pustaka, analisis masalah, potensi dan penetapan strategi proyek (Analysis), mengidentifikasi konsep-konsep matematika sekolah dasar yang mungkin diintegrasikan dengan unsur agama Islam, menetapkan jenis aplikasi pembuat video, membuat flowchart dan storyboard untuk tampilan video, dan membuat produk awal video (Design), melakukan validasi produk awal dan merevisinya (Development), mengimplementasikan video pada siswa secara daring (Implementation), dan mengevaluasi apakah media video dapat mengembangkan pemahaman dan karakter religius siswa (Evaluation). Video dibuat memanfaatkan alpikasi pembuat video Powtoon dan Filmora berkaitan dengan konsep pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah materi pecahan sederhana, pecahan senilai. Hasil veladisi ahli media dan ahli media menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dibuat berkatagori baik atau layak dimanfaatkan untuk mengembangkan pemahaman matematis dan karakter religius siswa. Secara empiris, rata-rata n-gain hasil pre test dan post test adalah 0,55 yang termasuk kategori sedang dan hasil self assessment setelah siswa menyaksikan video pembelajaran menunjukkan video dapat mengembangkan karakter religius siswa.
Kata kunci: video pembelajaran, pemahaman matematis, karakter religius, siswa SD
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.