Peningkatan Keterampilan Melafadzkan Kalimat Thayyibah Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV MI

Authors

  • Retno Alfido MIN 10 Bandar Lampung
  • Fitri Hilmiyati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 194 times | PDF downloaded : 104 times

Keywords:

Kalimat Thayyibah, Problem Based Learning, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan melafadzkan kalimat thayyibah dengan metode Problem Based Learning siswa Kelas IV B MIN 10 Bandar Lampung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa Kelas IV B MIN 10 Bandar Lampung yang berjumlah 20 siswa pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan melafadzkan kalimat thayyibah pada siswa Kelas IV B melalui metode Problem Based Learning mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian dan observasi aktivitas pembelajaran Siklus I dan Siklus II. Hasil penilaian keterampilan melafadzkan kalimat thayyibah Siklus I dengan rerata yang diperoleh 72,50, 70% siswa mencapai KKM 75, sedangkan pada Siklus II dengan rerata 83,75, 90% siswa mencapai KKM 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning meningkatkan keterampilan melafadzkan kalimat thayyibah siswa Kelas IV B MIN 10 Bandar Lampung. Demikian juga dengan hasil observasi aktivitas pembelajaran Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan bahwa pembelajaran melafadzkan kalimat thayyibah sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran metode Problem Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alek & Ahmad. H.P. Bahasa Indonesia untuk Peguruan Tinggi. Jakarta: Kencana. Cet. I, 2010.

Budinuryanta, dkk. Pengajaran Keterampilan Berbahasa Edisi Dua. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. II, 2008.

Davis, Gordon B. (1994). Management System Information, Jakarta: Midas Surya Grafindo

Eggen, Paul, dkk. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi Enam. Jakarta: PT Indeks. Cet. I, 2012.

Fadlullah, 2008. Ilmu Pendidikan Anak, Pontianak: Universitas TanjungpuraGuntur Tarigan.

Henry. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa. 2015.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Iskandarwassid. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet. III, 2011.

Kamdi. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemdikbud. Model Pembelajaran Berbasis Masalah PBL. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet. XII, 2010.

N. Cahyo, Agus. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. 2010.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: PT Remaja Rosadakarya). Cet. XII, 2002.

Resmini, Novi, dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Bandung: UPI PRESS. Cet. I, 2007.

Ridwanudin, Dindin. Bahasa Indonesia. Jakarta: UIN PRESS. Cet. I, 2015.

Rozak, Abd & Maifalinda Fatra. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2014.

Sarkiyah, Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu di Kelas 1 MI Alkhairaat Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. JKTO. Vol. 4, No. 4, 2010.

Silbermen, Melvin L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia & Nuansa Cendekia.

Somadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu. Cet. I,2013.

Sudarman. Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. JJPI, 2007.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Sumantri, Mohamad Syarif. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafido Persada. Cet. I, 2015.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, cv. Cet. III, 2012.

Wiraatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Alfido, R., & Hilmiyati, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Melafadzkan Kalimat Thayyibah Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV MI. Teacher Professional Education Journal, 1(02), 37–46. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/10798