Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Mari Melaksanakan Sholat pada Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Rohmatullah SDN Kedung II Kecamatan Gunung Kaler
  • Ali Muhtarom UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 104 times | PDF downloaded : 36 times

Keywords:

Discovery Learning, PTK, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi mari melaksanakan sholat di SDN Kedung II Kecamatan Gunung Kaler. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pendidikan merupakan hal yang harus didapat oleh setiap manusia. Banyak penelitian yang dilakukan dengan tujuan, selalu memperbaiki pendidikan yang telah ada. Semakin hari semakin jelas perkembangan model pembelajaran untuk pendidikan yang berkualitas, baik tingkat nasional maupun internasional. Perkembangan pendidikan dari tahun ke tahun harus lebih baik, agar sesuai dengan kebutuhan jaman yang selalu berkembang mengikuti arus globalisasi. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kedung II Kec. Gunung Kaler Kab Tangerang Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat terlihat dari peningkatan daya serap pada pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 33.33% dan peningkatan pada dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 23.34%, atau sekitar 56.67% dari sebelum dilaksanakan PTK. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat terlihat dari peningkatan pada nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 12,55 point dan peningkatan pada dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 20 point, atau sekitar 33,47 point.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M.,Sardiman, 2007. Interaksi dan Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

EP Hutabarat. 1989. Cara Belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulya Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudoyo, Herman. 1985. Teori Belajar Dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Prayitno, Elida. 1989. Panduan Pengajar Buku Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Cipta Rineka.

Purwanto, Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rifa’I, Moh. 2010. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang : Toha Putra.

Syamsudin Abin, 2007. Pendidikan Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Seadie, Ahmad. 1996. Penuntun Shalat Lengkap. Jakarta: Rica Grafika Jakarta, 1996.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Rohmatullah, R., & Muhtarom, A. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Mari Melaksanakan Sholat pada Siswa Kelas IV SD. Teacher Professional Education Journal, 1(02), 47–54. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/10800