Penerapan Cooperatif Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas II MI

Authors

  • Alvi Minarti MI Roudlotul Ulum Mojorejo Pungging
  • Apud UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 147 times | PDF downloaded : 35 times

Keywords:

PTK, Siswa, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Cooperatif Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 2 MI Roudlotul Ulum Mojorejo Pungging. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Hal ini menuntut perubahan-perubahan dalam mengorganisasikan kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar.  Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus II, dapat diketahui bahwa antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Siklus II ini memiliki hasil ketuntasan siswa sebesar 91,7% dengan total jumlah siswa yang tuntas adalah 11 siswa, dengan rata-rata kelas yaitu 81,58. Berdasarakan data yang diperoleh di atas dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas 2 MI Roudlotul Ulum ini yang tuntas dari siklus I ke siklus II sebanyak 11 siswa atau 91,7%. Namun dalam siklus II ini masih ada 1 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 8,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Insan Cendekia

Djaali. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Kerlinger, Fred N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. Penerbit Ghalia Indonesia.

Kustandi, C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor :

Purwanto, M Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sadiman, Arief S. (dkk). 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Minarti, A., & Apud, A. (2024). Penerapan Cooperatif Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas II MI. Teacher Professional Education Journal, 1(02), 61–66. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/10802