Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika tentang Konsep Pecahan pada Siswa Kelas III MI


Keywords:
Hasil Belajar, Metode Problem Based LearningAbstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini karena pembelajaran lebih banyak ditekankan pada metode ceramah serta masih berpusat pada guru sehingga hasil belajar siswa menurun pada siswa kelas 3 ICP 7 MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo dalam materi konsep pecahan yang terintegrasi pada materi tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan, subtema 4 menyayangi hewan semester gasal. Dibuktikan dengan prosentase belajar siswa dikelas sebelumnya sebesar 57% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan metode Problem Based Learning untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan, subtema 4 menyayangi hewan semester gasal, pada siswa kelas 3 ICP 7 MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo dengan menggunakan metode Problem BasedLearning. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 ICP 7 MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo tahun pelajaran 2022-2023 dengan jumlah 31 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar materi tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan, subtema 4 menyayangi hewan semester gasal, di kelas 3 dapat ditingkatkan dengan elaborasi penambahan metode penugasan, persentasi dan disesuaikan dengan pengalaman siswa. Hal tersebut terlihat ada peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 66%, pada siklus II telah mencapai 74% dan pada siklus III mencapai 100%.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : PT Rineka Cipta. 2003.
Ahmadi, Abu, dan M. Umar, Psikologi Umum, Surabaya ; PT. Bina Ilmu Offset. 1992.
Ash-Shabuni, Muhammad Ali. Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis, Jakarta ; Pustaka Amani. 2001.
Daryanto, Petunjuk Praktek Mengajar. Bandung : Bina Karya. 1981.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :PT. Rineka Cipta. 2010.
Hamatik, Oemar. Proses belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Cipta. 1995
Kunandar. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers. 2011
Kunandar. Penilaian Autentik “ Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 ”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013
Margono. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
Mulyadi Sri Kamulya, Risminawati. Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. FKIP UMS. 2012.
Muslich, Masnur. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2011.
Nasution. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung : Jemmers
Mukhlisotur Rohmah, Nidlomatum. Al-Qur’an Hadis MI Kelas V, Jakarta : Kemenag R. 2020
Paizaluddin, Ermalinda. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta. 2013
Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta ; Balai Pustaka. 1993
Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.
Putra, Nusa. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. 2012.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2013.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2001.
S. Nasution. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara, 1987.
Sadirman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta : Rajawali Press.
Samatowa, Usman. Bagaimana Membelajarkan di Sekolah Dasar, Depdisnas. 2006.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajarannya, Jakarta : Kencana Prenada Media Group. 2009.
Saputro, Suprihadi. Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran Umum, Malang : IKIP. 1993.
Slametio. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Renika Cipta. 1995.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2007.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2013.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers. 2011
Supartini Paksi, Anak dan Perkembangannya, Jakarta : Gremedia. 1985
Suprihadi Saputro, Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran Umum, Malang : IKIP. 1993
Syaiful Bahri Djamaraah, Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2000.
Syaiful Bahri Djamarah, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta Jakarta, 2010.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikilogi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2011.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya. 2000.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif, Jakarta: Kencana. 2009.
Uzer Usman, Moh. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2007.
Usman Samatowa, Bagaimana Membelajarkan di Sekolah Dasar, Depdisnas, 2006.
Wassil, Jan Ahmad. Memahami Isi Kandungan Al-Qur’an, Jakarta ; Penerbit Universitas Indonesia. 200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Settings Emi Jayanti, M. Rifqi Rijal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.