Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Card Sort pada Materi Ibadah Haji dan Qurban Siswa Kelas V SDN Gempolkarya I Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang

Main Article Content

Dina Madinah
Ridwan Setiawan

Abstract

Belajar juga memainkan peran penting dalam mempertahankan kehidupan sekelompok umat manusia di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat di antara bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu maju karena belajar. Meskipun dari proses belajar tersebut selain muncul dampak yang positif juga akan muncul dampak negatif. Dalam perspektif Islam, belajar merupakan kewajiban bagi setiap orang yang beriman agar memperoleh ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan derajat kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui metode card sort pada materi ibadah haji dan qurban siswa kelas V SDN  Gempolkarya I Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik materi “meraih kesuksesan dengan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja“ kelas X SMK PGRI Lemahabang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini yaitu setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Yang pertama yaitu Penggunaan metode card Sort pada materi haji dan qurban mata pelajaran PAI BP dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas V SDN Gempolkarya I tahun ajaran 2024/2025. Sebelum diterapkan metode card sort dalam kegiatan pembelajaran keaktifan siswa 38 %, dan setelah diterapkan metode card sort keaktifan siswa pada siklus I mencapai 56 %, sedangkan pada siklus II keaktifan siswa meningkat mencapai 80 %. Yang kedua metode demonstrasi pada materi haji dan qurban mata pelajaran PAI BP dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gempolkarya I tahun ajaran 2024/2025 Sebelum diterapkan metode card sort dalam kegiatan pembelajaran, nilai hasil belajar siswa rata-rata 61.72 dengan ketuntasan klasikal yang hanya mencapai 60 %. Setelah diterapkan metode card sort nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 74,26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80 %, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat mencapai 81.05 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Madinah, D., & Setiawan, R. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Card Sort pada Materi Ibadah Haji dan Qurban Siswa Kelas V SDN Gempolkarya I Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Teacher Professional Education Journal, 2(1), 20–29. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/11882
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. dkk. (1997). Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (1992). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. (1989). Al-Qur’an dan Terjemah, Bandung: Gema Risalah.

Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta.

M, Arifin, dan Rasyad, Aminudin. (1992). Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.

Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Yusuf, Syamsu. (1993). Dasar-Dasar Pembinaan Kemampuan PBM, Bandung: CV. Andiria