PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG KEUTUHAN NKRI
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1259


Keywords:
Guide Note Taking, hasil belajar, keutuhan NKRI, Pendidikan Kewarganegaraan, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi tentang keutuhan NKRI pada mata pelajaran PKn dan kurang tepatnya penggunaan media/metode pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi menjaga keutuhan NKRI. Oleh karena itu, pada penelitian ini digunakan metode Guided Note Taking yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang materi menjaga keutuhan NKRI. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SDN Rawu Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas (PTK) dengan rancangan model John Ellot. Instrumen penelitian ini menggunakan tes subjektif berupa soal uraian dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat tiap siklusnya yang terlihat dari hasil observasi pada siklus I, yaitu 40,74%, mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 69,31%. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus I dari 19 aspek yang telaksana adalah 11 aspek, dan mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 18 aspek yang terlaksana. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pada tiap siklusnya, pada siklus I yaitu 49,29 dengan presentase 34,09%, dan pada siklus II meningkat menjadi 72,38 dengan presentase 86,36%. Hasil ini menunjukkan peningkatan 23,09 dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Guided Note Taking pada mata pelajaran PKn kelas V pada materi menjaga keutuhan NKRI terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.