Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Mensimulasikan Nilai-Nilai Persatuan Pada Masa Islam Di Indonesia Menggunakan Metode Simulasi

Authors

  • Tatu Malihah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
  • Sabri Sabri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 96 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 84 times

Keywords:

Hasil Belajar, Mensimulasikan nilai-nilai persatuan, Metode Simulasi

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, pembelajaran PPKn menismulasikan nilai-nilai persatuan pada masa islam di Indonesia di MI Hubbul Wathan Karang Tanjung Pandeglang masih dipandang kurang menarik serta minat belajar siswa yang rendah sehingga membuat siswa pasif selama proses pembelajaran yang mengakibatkan ketuntasan belajar tidak sesuai dengan kriteria maksimum. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh bahan ajar, metode dan penguasaan kelas serta media pembelajaran yang masih bersifat teacher centre. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus (65), siklus I (67.61), siklus II (85,47). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tatu Malihah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Sabri Sabri, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-01-16

How to Cite

Malihah, T., & Sabri, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Mensimulasikan Nilai-Nilai Persatuan Pada Masa Islam Di Indonesia Menggunakan Metode Simulasi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 8(1), 121–134. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/151

Issue

Section

Articles