STUDI DESKRIPTIF KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR MATERI MENULIS PUISI
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4730


Keywords:
Kesulitan Guru, Menulis, PuisiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi di SD Negeri Benoa Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer berupa kuesioner atau angket tertutup dan wawancara terbuka. Yang menjadi responden adalah guru kelas 4 dan guru kelas 5 yang berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk materi menulis puisi, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan menggunakan media pembelajaran ketika pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi, selanjutnya yang menjadi kesulitan adalah guru tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar yang memiliki nilai rata-rata 56,25%, masuk pada kriteria setengahnya artinya setengah dari responden tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.