STUDI DESKRIPTIF KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR MATERI MENULIS PUISI

Authors

  • Nurul Ulfah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Oman Farhurohman UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Sabri Sabri UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4730
Statistics: Abstract viewed : 230 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 221 times

Keywords:

Kesulitan Guru, Menulis, Puisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi di SD Negeri Benoa Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer berupa kuesioner atau angket tertutup dan wawancara terbuka. Yang menjadi responden adalah guru kelas 4 dan guru kelas 5 yang berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata 62,5%  masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk materi menulis puisi, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan menggunakan media pembelajaran ketika pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi, selanjutnya yang menjadi kesulitan adalah guru tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar yang memiliki nilai rata-rata 56,25%, masuk pada kriteria setengahnya artinya setengah dari responden tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-29

How to Cite

Ulfah, N., Farhurohman, O., & Sabri, S. (2021). STUDI DESKRIPTIF KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR MATERI MENULIS PUISI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(1), 11–20. https://doi.org/10.32678/primary.v13i1.4730

Issue

Section

Articles