Implementasi pendidikan HAM dalam Pembelajaran di SD/MI

Authors

  • Oman Farhurohman Dosen FTK IAIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6422
Statistics: Abstract viewed : 298 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 2152 times

Keywords:

Hak Asasi Manusia, Karakteristik Anak SD, Pendidikan HAM di SD/MI

Abstract

Hak asasi manusia (HAM) merupakan hak dasar yang dibawa manusia sejak lahir, sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. HAM tidak dapat diganggu gugat atau dicabut oleh siapapun juga sebab tanpa hak dasar itu manusia akan kehilangan harkat dan martabat kemanusiaannya. Jadi dapat diungkapkan bahwa HAM sebagai eksistensi keberadaan manusia yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Hal ini sejalan dengan falsafah bangsa Indonesia yang tertuang dalam rumusan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 bahwa “Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan.” Oleh sebab itu, perlunya pendidikan HAM dalam pembelajaran di SD dimaksudkan untuk mengenalkan dasardasar HAM pada anak SD sehingga diharapkan kelak menjadi manusia yang dapat menjunjung tinggi HAM.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-12-20

How to Cite

Farhurohman, O. (2015). Implementasi pendidikan HAM dalam Pembelajaran di SD/MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), 247–256. https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6422

Most read articles by the same author(s)