Penerapan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dalam Materi Bilangan Bulat
DOI:
https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2985


Keywords:
Media Manik-manik, Bilangan Bulat, PTK dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam meng-ikuti kegiatan pembelajaran Matematika di kelas IV khususnya dalam materi operasi bilangan bulat. maka dari itu, guru dituntut lebih kreatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran agar siswa tidak jenuh dan bosan. Oleh karena penggunaan media dapat mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksana-kan dalam dua siklus tindakan setiap siklusnya terdiri dari rencana, tin dakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan pada metode ini adalah, nilai rata rata kelas dan persentase ketuntasan dengan penggunaan media pembelajaran manik-manik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada proses pembelajaran aktivitas siswa pada siklus I 46,42% dengan kategori cukup Baik meningkat pada siklus II menjadi 71,42% kategori baik dan menunjukkan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran matematika pada siklus I 53,25% kategori Baik meningkat pada siklus II menjadi 70,62% kategori Baik. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pra siklus sebelum menggunakan media manik-manik sebesar 55 dengan persentase ketuntasan 27,78%, siklus I setelah menggunakan media manik-manik meningkat menjadi 60,83 dengan persentase ketuntasan 55,56% dan siklus IInilai rata-rata 76,94 dengan persentase ketuntasan 88,89%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
PRIMARY JOURNAL: https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in PRIMARY: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.