Pengaruh Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Yeyen Septiyeni Alumni PGMI Fakultas dan Keguruan IAIN SMH Banten
  • Mansur Mansur Dosen Jurusan PGMI IAIN SMH Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6424
Statistics: Abstract viewed : 114 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 78 times

Keywords:

matematika, Realistic Mathematics Education, pemahaman konsep matematika siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik siswa SDIT Madani Cilegon kelas 5 yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) mempunyai pengaruh dan lebih baik dari yang tanpa menggunakan pendekatan tersebut, hal ini berdasarkan hasil dari pretes kelas eksperimen 55,45 dan postes kelas eksperimen 69,9 serta hasil pretes kelas kontrol 54 dan postes kelas kontrol 63,5, begitupun dari hasil angket siswa yang rata-rata persentasenya diatas 80% menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-12-20

How to Cite

Septiyeni, Y., & Mansur, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), 275–286. https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6424

Most read articles by the same author(s)