KENDALA YANG DIHADAPI GURU MENGAJAR DARINGPADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 5 BANDA ACEH

Authors

  • Nindia Taradisa UIN AR Ranity Banda Aceh
  • Nida Jarmita UIN AR Ranity Banda Aceh
  • Emalfida Emalfida UIN AR Ranity Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3582
Statistics: Abstract viewed : 368 times | pdf (Bahasa Indonesia) downloaded : 878 times

Keywords:

Kendala, Pembelajaran Daring, Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru pada saat mengajar daring di MIN 5 Banda Aceh. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang meliputi; observasi dan wawancara secara daring. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V di MIN 5 Banda Aceh yang berjumlah 8 orang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami guru selama pembelajaran daring yaitu kurangnya pemahaman siswa ketika melakukan proses belajar daring. Hal ini dikarenakan siswa kurang paham dengan pembelajaaran yang diajarkan oleh guru karena tidak bertatap muka langsung dan guru sulit memantau perkembangan belajar siswa. Faktor utama yang lebih penting lagi adalah kurangnya fasilitas yang dimilki oleh siswa ketika belajar daring karena tidak semua siswa memiliki Smarthphone ataupun komputersebagai media pembelajaran menggunakan daring. Selain itu faktor lain adalah paket internet yang tidak bisa dijangkau oleh semua siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-31

How to Cite

Taradisa, N., Jarmita, N., & Emalfida, E. (2020). KENDALA YANG DIHADAPI GURU MENGAJAR DARINGPADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 5 BANDA ACEH. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 141–154. https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3582