PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS III MIN 11 ACEH TENGAH

Authors

  • Nova Sari UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nida Jarmita UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Zikra Hayati UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.4677
Statistics: Abstract viewed : 317 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 516 times

Keywords:

Pengembangan, Media Animasi Macromedia Flash, Operasi Hitung Bilangan Cacah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar guru yang sudah menggaplikasikan media pembelajaran seperti power point dan LKPD akan tetapi masih belum maksimal. Hal ini menyebabkan kurangnya minat belajar siswa khususnya pada matematika, mereka menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash pada materi operasi hitung bilangan cacah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Hasil validasi terhadap media diperoleh skor 88% dan hasil validasi materi diperoleh skor 92% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan hasil respon guru diperoleh skor 100% dan hasil respon siswa diperoleh skor 96,6% dengan kriteria “sangat menarik”. Dengan demikian media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash pada materi operasi hitung bilangan cacah sangat layak untuk digunakan di kelas III MIN 11 Aceh Tengah.  

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-29

How to Cite

Sari, N., Jarmita, N., & Hayati, Z. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS III MIN 11 ACEH TENGAH. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(2), 131–150. https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.4677