ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA

Authors

  • Anis Zohriah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2003
Statistics: Abstract viewed : 3211 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 6246 times

Keywords:

sarana prasarana, fungsi pengadaan, pemeliharaan

Abstract

Manajemen sarana prasarana adalah suatu usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kelengkapan sarana yang ada. Dengan demikian manajemen sarana prasarana itu merupakan usaha untuk mengupayakan sarana dan alat peraga yang dibutuhkan pada proses pembelajaran demi lancarnya dan tercapainya peningkatan prestasi belajar siswa yang pada akhirnya tercapainya tujuan pendidikan. Fasilitas pembelajaran merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sarana prasarana pendidikan. Secara etimologis prasarana berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan misalnya : lokasi/tempat, bangunan sekolah, lapangan olahraga, uang dsb. Fungsi pengadaan adalah mengatur dan menyelenggarakan terpenuhinya sarana dan prasarana yang dibutuhkan baik menyangkut jenis, jumlah, kualitas, tempat dan waktu yang dikehendak Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan adalah keseluruhan kegiatan yang dilakukan dengan cara menghadirkan atau dari tidak ada menjadi ada sarana pendidikan berdasarkan hasil perencanaan Banyak sekolah yang sudah memiliki sarana prasarana yang lengkap dan memadai jika tidak mendapat perhatian dan dikelola dengan baik akan berdampak barang cepat rusak, alat peraga atau sarana pendidikan berdasarkan hasil perencanaan dia pendidikan sulit dicari, hilang, habis dimakan rayap, hal ini terjadi karena tidak dilaksanakannya perawatan dan pemeliharaan sarana prasarana agar tertata rapih, bersih, menarik, nyaman dipandang dan mudah dipergunakan dalam pembelajaran diperlukan pemeliharaan secara rutin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anis Zohriah, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

References

Ambar A (2007), Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Jakarta: Multi karya Mulia
Arikunto, S (1987), Manajemen Pengajaran Secara manusiawi, Jakarta : Rineka Cipta
Bafadal, I (2004), Menajemen perlengkapan sekolah Teori dan Aplikasinya: Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah, Jakarta Bumi Aksara
Cornelia, J(2006), Pengelolaan Fasilitas Belajar Perguruan Tinggi Seni, Bandung, Tiara Insani
Depdiknas (2008), Kebijakan Teknis Direktoorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Depdiknas (2006) Pedoman Umum Pemilihan Alat Peraga /Praktik Pendidikan Sekolah Menengah Atas Jakarta
Lampiran Keputusan Mendiknas No.24/VI/2007, tanggal 28 Juni 2007
Mulyasa, E (2004), Manajemen berbasis sekolah konsep, strategi, dan implementasi, bandung : remaja Rosda Karya

Published

2015-12-12

How to Cite

Zohriah, A. (2015). ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), 53–62. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2003

Issue

Section

Original Research Article