MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MAN INSAN CENDEKIA

Analisis terhadap Pengelolaan Mutu Program Akademik di MAN Insan Cendekia Serpong-Tangerang Selatan

Penulis

  • Apud Apud UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1229
Statistics: Abstrak viewed : 887 times | PDF (English) downloaded : 744 times

Kata Kunci:

Madrasah, Boarding School, Manajemen, Kualitas

Abstrak

Penulisan ini didasarkan pada penelitian yang mendeskripsikan manajemen mutu pendidikan MAN Insan Cendekia sebagai salah satu madrasah yang melakukan sistem boarding school yang berfokus pada program akademik. Temuan penelitian: pertama, penerapan manajemen mutu di sekolah asrama dimulai dengan merumuskan perencanaan strategis/kerangka sekolah dengan langkah-langkah: analisis, merumuskan rancangan program, sosialisasi, penganggaran, dan dokumentasi. Proses ini juga menentukan program sekolah yaitu akademik, kemahasiswaan, asrama, fasilitas dan media, dan jaringan. Kedua, langkah-langkah strategi implementasi adalah menerapkan dan mengevaluasi kualitas program pendidikan. (1) Pelaksanaan mutu program pendidikan sekolah berasrama dimulai dengan prosedur sosialisasi rencana program mutu, rencana teknis, pelaksanaan program, pemantauan, supervisi, dan evaluasi dengan pendekatan bottom up-top down; (2) mengevaluasi kualitas program pendidikan secara sistematis dimulai dengan prosedur evaluasi diri, audit internal berkualitas, evaluasi kompetensi guru, evaluasi manajemen, dan audit eksternal. Ketiga, faktor pendukung dan yang menjadi kendala dalam menerapkan manajemen mutu pendidikan berkorelasi dengan masukan mentah, guru, penganggaran, komitmen pemimpin terhadap kualitas, fasilitas, lingkungan belajar, dan jaringan. Keempat, cara strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah mengintegrasikan program sekolah dengan program asrama, merumuskan arah kehidupan, meningkatkan sumber daya manusia dan fasilitas / media, membangun budaya sekolah, dan jaringan.

Kata Kunci. Manajemen, perpustakaan sekolah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akdon. 2009. Strategic Management for Education Management. Bandung: Alfabeta.
Besterfield. 1999. Total Quality Management. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Davis, L. G. 2000. Quality Management: Introduction to Total Quality Management for Production, Processing, and Servuces. America: Prentice-Hall.
Gaspersz, V. 2008. Total Quality Management. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Utama.
Glueck, L. J. 1995). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga .
Mulyono, G. d. 2001. Prinsip Dasar Manajemen. Yogyakarta: PT BPFE.
Murni, V. R. 2009. Education Management. Jakarta : Rajawali Press.
Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sallis, E. 2008. Total Quality Management in Education. London: British Library Catalouguing in Publication Data.
Sukmadinata, N. S. (2008). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wheelen, D. H. (2001). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Wongkar. (1990). Perencanaan Terpadu Model Pengembangan Sekolah. Bandung: PPs IKIP Bandung.
Yuliana, S. A. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Adita Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-17

Cara Mengutip

Apud, A. (2018). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MAN INSAN CENDEKIA: Analisis terhadap Pengelolaan Mutu Program Akademik di MAN Insan Cendekia Serpong-Tangerang Selatan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 171–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1229

Terbitan

Bagian

Original Research Article