KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Wasehudin Wasehudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1234
Statistics: Abstrak viewed : 461 times | PDF (English) downloaded : 367 times

Kata Kunci:

Leadership, Islam, Education, Prophetic

Abstrak

Kepemimpinan merupakan pilar utama dalam penataan sebuah organisasi. Keberhasilan Islam sebagai agama samawi tidak akan terlepas dari kepewiawian seorang figur yang memiliki integritas maupun kapabelitas yang tinggi. Muhammad sebagai seorang tokoh, Nabi dan Rasul merupakan rule model dalam menata (desainer) handal segala bentuk kehidupan mulai dari keluarga, masyarakat hingga kepala negara. Dalam pandangan Jalaluddin Rakhmat ada dua bentuk dalam berIslam: berIslam tekstual dan yang kedua berIslam kontekstual. Islam konseptual adalah Islam yang terdapat dalam Al-Qurán sebagai wahyu yang kebenarannya akan dirasakan manakala para penafsir mmampu memahaminya dengan konteks kekinian. Sedangkan Islam actual merupakan gagasan cerdas dan cemerlang bagaimana menampilkan sosok Islam yang sejuk, harmonis, dan penuh kedamaian. Menampilkan Islam yang demikian merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari sosok manajerial yang handal dimana pola penegakkan sebuah keadilan sebagai dasar dari berIslam yang bersifat all-embracing sebuah istilah yang pernah di gagas oleh Kuntowijoyo dimana penataan (manajerial) sistem kehidupan social, politik dalam arti manajerial harus diarahkan pada tatanan yang transformative dimana Islam dan manajemen merupakan satu ksatuan yang utuh dalam menata kehidupan sosial kemasyarakatan.

Kata Kunci. Kepemimpinan, Islam, Pendidikan, Profetik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Fajar, Malik. 2001. “Pendidikan sebagai Praksis Pembangunan Bangsa”. Mimbar Pendidikan. 1 (XX). 41-44
Fakhrudin, Agus. 2011. “Prinsip-prinsip Manajemen Pendidikan Islam”. Ta’lim Vol 9 No. 2, (2011): 211
Jalaluddin. 2002. Teologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Jansen H dan Sinamo Agus Santoso. 2002. Pemmpin Kredibel, Pemimpin Visioner. Jakarta: Institut Darma Mahardika.
Kartono, Kartini. 1994. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kuntowijoyo. 1996. Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan.
Madjid, Nurcholis. 1992. Islam Doktrin dan Peradaban: sebuah Telaáh Kritis tentang Masalah Keimanan, kemanusiaan, dan kemoderenan. Jakarta: Yayasan Waqaf Paramadina.
Meirawan, Danny. 2010. Kepemimpinan & Manajemen Pendidikan Masa Depan. Bogor: Taman Kencana.
Mulkhan, Abdul Munir. 1993. Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan dan Dakwah. Yogyakarta: Sipress.
Nawawi, Hadari. 1997. Administrasi Pendidikan. Surabaya: CV. Haji Mas Agung.
Roqib, Moh. 2016. Filsafat Pendidikan Profetik; Pendidikan Islam Integratif dalam Perspektif Kenabian Muhmmad. Purwokerto: An-Najah Press.
Shihab, M.Quraish. 1994. Membumikan Al-Qurán: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
Syamsuddin, M. 2013. Ilmu Hukum Profetik. Yogyakarta: UII Press.
Tilaar, H.A.R. 2003. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widdah, Minnah El, dkk. 2012. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Al-Fabeta.
Wijoyo, Kunto. 2007. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-18

Cara Mengutip

Wasehudin, W. (2018). KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 227–236. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1234

Terbitan

Bagian

Original Research Article