PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1824


Kata Kunci:
Pembelajaran Aqidah Akhlak, Media Pembelajaran, CD Interaktif, MadrasahAbstrak
Abstract. This study aims to determine the learning process of Aqidah Akhlak with interactive CD learning media. This is done because students have low interest and motivation in learning the subjects of Aqidah Akhlak in the madrasa. This study uses classroom action research conducted in two cycles consisting of three stages, namely: planning, implementation and reflection. The target of this study was a fifth grade student at State Islamic Middle School I, Meulaboh West Aceh. The research sample consisted of 18 students who followed the learning process. From the results of the analysis it was found that: 1) student learning completeness in the first cycle of student learning completeness was lower than the standard set, 2) in the second cycle students' learning completeness reached 68.75% exceeding the standards set. Thus, it can be said that the improvement in the increase in interest and motivation of students in Aqidah Akhlak lessons can be done with interactive CD media with various improvements to the obstacles and problems that occur in practice in the classroom.
Keywords: Aqidah Akhlak Learning, Learning Media, Interactive CD, Madrasah
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Aqidah Akhlak dengan media pembelajaran CD interaktif. Hal ini dilakukan karena siswa memiliki minat dan motivasi yang rendah dalam mempelajari mata pelajaran Aqidah Akhlak di madrasah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Meulaboh Aceh Barat. Sampel penelitian sebanyak 18 siswa yang mengikuti proses pembelajaran. Dari hasil analisis didapatkan bahwa: 1) ketuntasan belajar siswa pada pada siklus I ketuntasan belajar siswa rendah dari standar yang telah ditetapkan, 2) pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 68,75% melebihi standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa perbaikan peningkatan minat dan motivasi siswa dalam pelajaran Aqidah Akhlak dapat dilakukan dengan media CD interaktif dengan berbagai perbaikan kendala dan masalah yang terjadi dalam prakteknya di kelas.
Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Media Pembelajaran, CD Interaktif, Madrasah
Unduhan
Referensi
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan. TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Baharun, Hasan. 2015. “Penerapan pembelajaran active learning untuk Meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah”. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015, 34-46.
Dedi Wahyudi & Devi Septya Wardani. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Multimedia LCD Proyektor”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. 18(1), Agustus 2017, 1-15
Degeng, I Nyoman Sudana. 1997. Strategi Pembelajaran. Malang: IKIP Malang.
Hamalik, Oemar. 2008. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hofstetter, Fred T. 2001. Multimedia Literacy. Third Edition. McGraw-Hill International Edition, New York.
Mulyana, E. 2007. Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nugroho, Rizki Septian Adi. 2011. “Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kombinasi Media CD Interaktif dan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Dalam Materi Garis Singgung Lingkaran di SMPN 3 Cepiring”. Skripsi. IAIN Walisong Semarang. Available at
library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/118/jtptiain-gdl-rizkisepti-5871-1-073511015.pdf
Putra, Ilham Eka. 2013. “Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif”. Jurnal TEKNOIF. Vol. 1(2), Oktober 2013, 20-25. Available at:
ejournal.itp.ac.id/index.php/tinformatika/article/download/142/141
Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther and James D. Russell. (2011). Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Jakarta: Kencana.
Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suryawati, Dewi Prasari. 2016. “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul”. Jurnal Pendidikan Madrasah, [S.l.], v.1, n.2, p.309-322, Dec. 2016. ISSN 2527-6794. Available at:
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1218.
Tim Medikomp, 1994. Definisi CD interaktif. Bandung: Elex Media Komputindo.
Uno, Hamzah B. & Lamatenggo, Nina. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi, Dedi & Devi Septya Wardani. 2017. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Multimedia Lcd Proyektor”. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 18(1), 2017, 1-15. Available at
https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/issue/view/360
Wibowo, Endro Joko. 2013. “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV”. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. Vol 2 (1), Maret 2013, ISSN: 2302-1136, 75-78 available at http://portal.ejurnal.net/index.php/seruni/article/view/1082