PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN MATERI AL-QUR’AN HADITS MELALUI MODEL SAVI PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 MEULABOH ACEH BARAT

Penulis

  • Daswati Daswati Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Meulaboh Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1825
Statistics: Abstrak viewed : 230 times | PDF (English) downloaded : 179 times

Kata Kunci:

Hafalan al-Qur’an Hadits, Model Pembelajaran SAVI

Abstrak

Abstract. The purpose of this study is to analyze the increase in the ability to memorize the Qur'an Hadith through the SAVI learning model. This study uses classroom action research conducted in two cycles consisting of three stages, namely: design (planning), action (implementation) and reflection. The target of this study was class VIII students at State  Madrasah Tsanawiyah 1 Meulaboh, West Aceh. The research subjects in this study were 30 students who took part in the Al-Hadith study. The research instrument used the Lesson Plans, observation sheets, interview sheets, student activity sheets, and non-test assessment sheets. The results showed that students' learning completeness during the pre-cycle of student mastery learning still reached 30%. While in the first cycle students 'learning completeness reached 43.33%, in the second cycle students' learning completeness reached 66.67%. So the classical increase of the pre-cycle conducted by the teacher and the second cycle conducted by the researcher was 36.67%.

Keywords: Memorizing al-Qur'an Hadith, SAVI Learning Model

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an Hadits melalui model pembelajaran SAVI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari tiga tahap yaitu: rancangan (perencanaan), tindakan (pelaksanaan) dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Meulaboh Aceh Barat. Subyek penelitian dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Instrumen penelitan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pelajaran, lembar observasi, lembar wawancara, lembar kegiatan siswa, dan lembar penilaian non tes. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa pada saat pra siklus ketuntasan belajar siswa masih mencapai 30%. Sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 43,33%, pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 66,67%. Jadi peningkatan secara klasikal dari pra siklus yang dilakukan oleh guru dan siklus kedua yang dilakukan oleh peneliti sebanyak 36,67%.

Kata Kunci: Hafalan al-Qur’an Hadits, Model Pembelajaran SAVI

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Falih, Abdullah Ibnu Sa’ad, (2007). Langkah Praktis Mendidik Anak Sesuai Tahapan Usia. Terjemahan oleh Kamran As’at Irsyady, Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Andrianti, Rina Yuli. 2016. “Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pengolahan Data (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VI SDN Bayureja dan SDN Garawastu I di Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka)”. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Available at http://repository.upi.edu/20718/
Juhji, Juhji. 2016. “Peran Urgen Guru dalam Pendidikan”. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Kependidikan, 10(1): 52-62. Available at
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73/75
Purwanto, M. Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja
Hannah, Nur. 2011. “Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Faroidh Kelas VIII di MTs. Nurul Amanah Madura”. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan,. 2(1). Available at https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/1566
Kaltsum, Honest Ummi & Noviana Wijayanti. 2012. “Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Strategi SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan Media Gambar terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri…”. Jurnal VARIDIKA, 24(2). Avalaible at
https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/713
DOI. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.713
Kunandar (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mandasari, Ega Pratiwi. 2015. “Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMPN 13 Tangerang Selatan”. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mayliana, Esther & Herminarto Sofyan. 2013. “Penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi menggambar busana”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 2013. Availabel at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1573
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.
Mudasir. (2010). Ilmu Hadit. Bandung: Pustaka Setia.
Muslich, Mansur. (2000). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nanang. (2008). Media Pembelajaran, Bandung: UPI.
Nurfadhilah, Inneke. 2019. “Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas x di SMK Islam 1 Durenan”. Skripsi. IAIN Tulungagung. Available at http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11304/
Nurmala, Sri. 2012. “Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Margajaya Kabupaten Ciamis”. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Persada
Sarnoko, Sarnoko, dkk. 2016. “Penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN I Sanan Girimanrto Wonogiri”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7): 1235-1241. Availabel at
http://journal.um.ac.id/idex.php/jptpp/article/view/6524
Susilo, (2009). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pustaka Book Publiser.
Suyanto, (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas PTK, Jogjakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Utama, Adiana, dkk,. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbasis Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Gugus III Sukawati”, Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-06-27

Cara Mengutip

Daswati, D. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN MATERI AL-QUR’AN HADITS MELALUI MODEL SAVI PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 MEULABOH ACEH BARAT. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 35–48. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1825

Terbitan

Bagian

Original Research Article