STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE ITNELLIGENCES

Penulis

  • Katni Katni Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2001
Statistics: Abstrak viewed : 216 times | PDF downloaded : 211 times

Kata Kunci:

Multiple Intelligences, Strategi pembelajaran multiple intelligences

Abstrak

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk membantu siswa untuk belajar dengan mengembangkan setiap bentuk kecerdasannya sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kata kunci dalam pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan setiap kecerdasan adalah sebagai berikut: (1). Lingusitik: Baca, tulis, bahas, dengarkan informasi mengenai hal yang bersangkutan. (2). Logis-matematis: Ukur, pikirkan secara logis, buat rancangan hal yang bersangkutan; (3). Visual-Spasial: Lihat, gambar, visualisasikan, warnai, buat grafik hal yang bersangkutan; (4). Kinestetik-Jasmani: Bangun, peragakan, sentuh, tarikan hal yang bersangkutan; (5). Musik: Nyanyikan, lagukan dengan irama rap,dengarkan hal yang bersangkutan; (6). Interpersonal (Antarpribadi): Ajarkan kepada orang lain, bekerjasama dengan orang lain, berinteraksi dengan orang lain mengenai hal yang bersangkutan. (7). Intrapribadi: kaitkan dengan hidup, perasaan, atau ingatan; ambil pilihan tentang hal yang bersangkutan; (8). Naturalis: Kaitkan dengan dunia alam. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran katakuncinya adalah tentukan tujuan pembelajarannya, ciptakan aktivitas pembelajarannya dan analisis multiple intelligences. Sedangkan langkah-langkah merancang pembelajaran terbaik untuk mengembangkan multiple intelligences siswa: (1). Batasi waktu guru dalam melakukan presentasi 30%, limpahkan waktu terbanyak 70% untuk akativitas siswa. (2). Gunakan modalitas belajar tertinggi, yaitu dengan modalitas kinestetis dan visual dengan akses informasi melihat, mengucapkan dan melakukan. (3) Mengaitkan materi yang diajarkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung keselamatan hidup. (4). Menyampaikan materi kepada siswa dengan melibatkan emosinya. (5). Pembelajaran dengan melibatkan partisipasi siswa untuk menghasilkan manfaat yang nyata dan dapat langsung dirasakan oleh orang lain. Metode pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences sebagai berikut: (1) Mind Mapping (2). Brainstrorming; (3). Presentasi; (4). Tadabur alam; (5). Studi kasus; (6). Role Play; (7). Curhat pengalaman; (8). Analisis film; (9) Membuat ilustrasi: (10). Interview: (11). Analisis instrumen; (12). Baca Tartil; (13). Field Trip (karyawisata); (14). Pengamatan; (15). Simulasi (16). Perenungan; (18). Muhasabah; (19). Refleksi;

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Katni Katni, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-12-12

Cara Mengutip

Katni, K. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE ITNELLIGENCES. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), 27–40. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2001

Terbitan

Bagian

Original Research Article