TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENDIDIKAN MAHASISWA DAN ALUMNI FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Penulis

  • Zaharil Anasy Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fauzan Fauzan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • M Anang Jatmiko Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2049
Statistics: Abstrak viewed : 203 times | PDF (English) downloaded : 178 times

Kata Kunci:

Kepuasan, Layanan Pendidikan

Abstrak

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dan alumni terhadap layanan pendidikan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2014-2017 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara propotionate stratified random sampling. Ukuran sampel sebanyak 354 orang mahasiswa dan 273 orang alumni. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap. Teknik analisis data menggunakan uji kecenderungan dan persentase distribusi frekuensi. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Layanan pendidikan bagi mahasiswa dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara umum sudah baik. Hasil tersebut ditunjukan dengan analisis angket pada 46 pernyataan yang sebagian besar masuk dalam katagori sangat puas. Kemudian hasil persentase kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan yang juga memiliki nilai 85.71% atau dalam katagori sangat puas, 2) Layanan pendidikan menurut alumni dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara umum sudah baik. Hasil tersebut ditunjukan dengan analisis angket pada 46 pernyataan yang sebagian besar masuk dalam katagori sangat puas. Kemudian hasil persentase kepuasan alumni terhadap layanan pendidikan yang juga memiliki nilai 85.58% atau dalam katagori sangat puas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, S. (2011). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Jepara Indah. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 67-78.
Barata, A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Chaerani, D. M. (2000). Analisis Kinerja Pelayanan Importasi Jalur Hijau pada Kantor Wilayah VI Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (1990). Rancangan Global Sistem Informasi Nasional Pendidikan Tinggi (Sinas-Dikti).
Endang, F. (2003). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bagian Administrasi Fakultas Ekonomi UNDIP. Tesis. Universitas Diponegoro.
Evans, J. R., & Lindsay, W.M. (2005). Managing for quality and performance excellence. South Western: Cengage Learning.
Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Irwan, D., & Japarianto, E. (2013). Analisa Penngaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-8.
Jaedun, A. & Ishartiwi. (tt). Survei Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Khaerudin, K. (2018). Kontribusi Manajemen Kearsipan Terhadap Kualitas Layanan Tenaga Pendidik di MTsN Kota dan Kabupaten Serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 251-262.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Nilasari, E., & Istiatin, I. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer pt. Ramayana motor sukoharjo. Jurnal Paradigma, 13 (01), 1-12.
Maisaroh, S. (2005). Pengaruh Manajemen Mutu Layanan terhadap Kepuasan Peserta Didik di Universitas PGRI Yogyakarta. Laporan Penelitian. Universitas PGRI Yogyakarta.
Pontoh, M. B., & Kawet, L. K., & Tumbuan, W. A. (2014). Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bri Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 285-297.
Praharsi, Y., Erni, N., & Sinambela, B. J. (2015). Analisa faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan terhadap Produk Air Minum (Studi Kasus: Perusahaan CV. OEN Jaya). Jurnal Metris, 16, 35-44.
Rachmawati, R. (2014). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Tekno Buga: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 1(1), 66-79
Renata, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Skripsi. Universitas Diponegoro.
Tjiptono, F. (2014). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wijanarka, Y., Suryoko, S., & Widiartanto, W. (2015). Pengaruh Emotional branding dan Experiential marketing Terhadap Loyalitas Merek Eiger Adventure Melalui Brand trust dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Eiger Adventure Store Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 1-14
Zeithamal, V. A., & Jo, B. M. (2000). Services Marketing. Irwin. Mc. Graw-Hill.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-24

Cara Mengutip

Anasy, Z., Fauzan, F., & Jatmiko, M. A. (2019). TINGKAT KEPUASAN LAYANAN PENDIDIKAN MAHASISWA DAN ALUMNI FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 239–250. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2049

Terbitan

Bagian

Original Research Article