IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MANAGEMEN SEKOLAH

Penulis

  • Ali Miftakhu Rosad Fakultas Agama Islam, Universitas Wiralodra Indramayu, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Statistics: Abstrak viewed : 14838 times | PDF (English) downloaded : 15103 times

Kata Kunci:

school management

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hakikat implementasi pendidikan karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di lingkungan sekolah. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka. Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam pembinaan moral siswa yang berkaitan dengan konsep moral, sikap moral, dan prilaku moral. Ketiga aspek tersebut harus mendapat dikembangkan agar dapat mewujudkan siswa yang berkarakter mulia. Sehubungan dengan konsep manajemen sekolah pendidikan karakter perlu diinternalisasikan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan intrakurikuler. Pembentukan karakter melalui faktor lingkungan dapat dilakukan melalui beberapa strategi, antara lain yaitu keteladanan, intervensi, pembiasaan yang dilakukan secara konsisten dan penguatan. Dengan kata lain, perkembangan dalam pembentukan karakter memerlukan keteladanan yang ditularkan, intervensi melalui proses pembelajaran, pelatihan, pembiasaan terus-menerus dalam jangka panjang yang dilakukan secara kontinyu dan penguatan, serta harus diimbangi dengan nilai-nilai luhur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, T., & Ahmad, B. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Asmani, J. M. (2011). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Diva Press.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-Based Character Education. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72–85
Budi, A. M. S., & Apud, A. (2019). Peran Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) Gontor 9 dan Disiplin Pondok dalam Menumbuhkembangkan Karakter Santri. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 1–10.
Bush, T., & Coleman, M. (2012). Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan. Jogjakarta: IRCiSoD.
Danim, S. (2008). Media komunikasi pendidikan: pelayanan profesional pembelajaran dan mutu hasil belajar (proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi). Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Harsono, H. (2002). Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: PT. Mutiara Sumber Widya.
Hasibuan, A. Z., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen pendidikan karakter di sma (studi pada sman dan man di jakarta). Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191–212.
Heri, G. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayatullah, M. F., & Rohmadi, M. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.
Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24.
Kamaruddin, S. A. (2012). Character Education and Students Social Behavior. Journal of Education and Learning, 6(4), 223–230.
Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93-100.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Maryono. (2015). The Implementation Of Character Education Policy At Junior High Schools and Islamic Junior High Schools In Pacitan. International Journal of Education and Research, 3(5), 267–274.
Marzuki, M. A. (n.d.). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Mulyasa, H. E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Akara.
Musfiroh, T. (2008). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nasional, K. P. (2010). Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Noor, W. (2017). Mengintegrasikan Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 153–167.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.
Revell, L., & Arthur, J. (2007). Character education in schools and the education of teachers. Journal of Moral Education, 36(1), 79–92.
Rosyad, A. M. (n.d.). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Muhammadiyah Se-Kabupaten Indramayu. Al-Afkar. Journal for Islamic Studies, 4.
Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS.
Setiawan, G. (2004). Implementasi dalam birokrasi pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Usman, N. (2002). Konteks implementasi berbasis kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wiyani, N. A. (2012). Manajemen pendidikan karakter. Yogyakarta: Pedagogia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-24

Cara Mengutip

Rosad, A. M. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MANAGEMEN SEKOLAH. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Terbitan

Bagian

Original Research Article