Management Education and Training at the Research and Development Agency for Legal and Judicial Education and Training at the Supreme Court of the Republic of Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i01.4322


Kata Kunci:
Coaching, Education, Training, Teaching StaffAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang ditujukan untuk mendeskripsikan praktik manajemen pendidikan dan pelatihan di Badan Penelitian dan Pengembangan pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan di Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pada peneliltian ini data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapat enam temuan. Pertama, kegiatan pendidikan dan pelatihan didasari oleh KMA Nomor 140/KMA/SK/K/2008. Kedua, tata kelola program pendidikan dan pelatihan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Keadilan Mahkamah Agung Republik Indonesia terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga, ada dua strategi yang dilakukan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di Mahkamah Agung Republik Indonesia, yaitu strategi dalam pembelajaran dan strategi dalam pengembangan program pendidikan dan pelatihan. Keempat, berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat masalah dan kelemahan pada komponen dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, seperti peserta, tenaga pengajar, dan sarana dan prasarana. Kelima, ada perubahan yang sedang dilakukan untuk melakukan upaya perbaikan, seperti pembenahan dalam pemanfaatan teknologi dan penambahan anggaran pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Keenam, ada dua langkah antisipatif yang dilakukan terhadap tata kelola pelaksanaan pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan hasil yang optimal
Unduhan
Referensi
Burati Jr, J. L., Matthews, M. F., & Kalidindi, S. N. (1992). Quality management organizations and techniques. Journal of construction Engineering and Management, 118(1), 112-128.
Groves, K. S. (2006). Leader emotional expressivity, visionary leadership, and organizational change. Leadership & Organization Development Journal, 27(7), 566–583. https://doi.org/10.1108/01437730610692425
Huzaemah, S. (2019). Strategi Bimbingan Guru Strategi Bimbingan Guru Untuk Mengungkap Kemampuan Literasi dan Karakter Siswa Menyongsong Abad 21. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2080
Lingard, B., Rawolle, S., & Taylor 1, S. (2005). Globalizing policy sociology in education: Working with Bourdieu. Journal of Education Policy, 20(6), 759–777. https://doi.org/10.1080/02680930500238945
Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Source Book (3rd ed.). Sage.
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda.
Mulyadi, E., Suhaya, S., & Dahlan, J. A. (2020). University Governance and Dean’s Leadership in Improving Lecturer Performance. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 91. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2563
Mulyani, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Pada Mtsn 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1826
Nir, A. E. (2002). School-based management and its effect on teacher commitment. International Journal of Leadership in Education, 5(4), 323–341. https://doi.org/10.1080/13603120210134616
Nurdin, A. (2019). Manajemen Pembinaan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Serta Kemampuan Mengajar Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 49. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1829
Nurdin, A. (2020). The Influence of the Learning Environment in Student Character Building. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 175. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.3042
Rizal, A. S., & Nurjaya, N. (2020). Effects of Principal Skills, Work Culture, Learning Facilities on Primary School Teacher Performance. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 21. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2093
Royhatudin, A., Supardi, S., & Juhji, J. (2020). Transformational Leadership Style in Implementing Madrasa Based Management. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 69-80. doi:10.32678/tarbawi.v6i01.2187
Rozak, F., Irawati, H., & Thahir, M. (2020). Inventory Management of Educational Facilities and Infrastructure at State Vocational High School 2 Pekanbaru. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 29-36.
Salim, H., & Septiana, T. I. (2020). Survey of Students Satisfaction and Some Efforts to Improve Lecturer Profesionalism in the English Education Department of STKIP Situs Banten. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 1. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2507
Sauri, R. S., Hidayat, A. N., & Rostini, D. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Peningkatan Mutu Hasil Pendidikan di Universitas Islam Nusantara Bandung. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 131. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.1977
Spillane, J. P. (2005). Distributed Leadership. The Educational Forum, 69(2), 143–150. https://doi.org/10.1080/00131720508984678
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097
Thalib, D., Fitriana, D., Anou, E., Maisyaroh, M., & Sumarsono, R. B. (2019). Atribusi Bawahan terhadap Pemimpin Berkarisma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 205. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2088
Toyib, M., Syukri, A., & Us, K. A. (2020). Determination of Leaders in Education Management. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 101. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.2403
Wiyani, N. A. (2020). Implementation of a Character Education Strategy in the Perspective of Permendikbud Number 23 of 2015 at Raudhatul Athfal. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 141. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i02.2934