Praxis Knowledge Mangement Dalam Kajian Manajemen Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32678/tarbawi.v10i01.9225


Kata Kunci:
Educational institutions, knowledge management, knowledge management praxisAbstrak
Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan dengan amat pesat keunggulan dan kompetensi tiap lembaga pendidikan menjadi sangat signifikan. Knowledge management menjadi solusi untuk meningkatkan kompetensi individu dalam lembaga pendidikan, dengan penerapan manajemen pengetahuan dapat memperbaiki kualitas pendidikan di lingkungan sekolah. Pengetahuan antar individu dikelola melalui proses pengumpulan, penyusunan, penyimpanan, dan pengaksesan informasi untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas organisasi. Dengan manajemen pengetahuan yang tepat sasaran, pembentukan organisasi pembelajar akan terwujud. Konsep manajemen pengetahuan dalam mengelola pengetahuan organisasi dapat membantu persiapan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk berhasil. Implementasi knowledge management dapat memberikan manfaat bagi institusi pendidikan dalam mengidentifikasi sumber daya yang ada, mengoptimalkan penggunaan pengetahuan yang sudah ada, serta mempercepat penciptaan pengetahuan baru dari pengetahuan yang sudah ada. MP digunakan untuk meningkatkan komunikasi antara manajemen dan karyawan, memperbaiki proses kerja, membangun budaya berbagi pengetahuan, serta mendorong penggunaan sistem penghargaan. Dalam hal ini, manajemen pengentahuan dapat membantu organisasi dalam menghadapi berbagai tantangan seperti perubahan cepat, persaingan yang semakin ketat, dan kompleksitas tugas yang semakin meningkat. Oleh karena itu, pemahaman tentang konsep KM dan penerapannya menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap individu yang ingin berkontribusi dalam pengembangan organisasi.
Unduhan
Referensi
Aichouni, M., Benchicou, S., & Nehari, D. (2013). Knowledge management through the e-learning approach a case study of online engineering courses. European Journal of Engineering Education, 38(3), 316328. https://doi.org/10.1080/03043797.2013.786025
Donate, M. J., & Snchez De Pablo, J. D. (2015). The role of knowledge-oriented leadership in knowledge management practices and innovation. Journal of Business Research, 68(2), 360370. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.06.022
Eslamkhah, M., & Hosseini Seno, S. A. (2019). Identifying and ranking knowledge management tools and techniques affecting organizational information security improvement. Knowledge Management Research & Practice, 17(3), 276305. https://doi.org/10.1080/14778238.2019.1599495
Evanirosa, Bagend, C., Hasnawati, Annova, F., Azizah, K., Nursaeni, Maisarah, Asdiana, Ali, R., Shobri, M., & Adnan, M. (2022). Metode penelitian kepustakaan (library research). Media Sains Indonesia.
Ford, D. P., & Mason, R. M. (2013). A multilevel perspective of tensions between knowledge management and social media. Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce, 23(12), 733. https://doi.org/10.1080/10919392.2013.748604
Goh, S. C. (2002). Managing effective knowledge transfer: an integrative framework and some practice implications. Journal of knowledge management, 6(1), 23-30. https://doi.org/10.1108/13673270210417664
Halimatuzzahrah, H. (2020). Implementasi knowledge management dalam meningkatkan profesionalitas guru madrasah aliyah swasta di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal El-Hikam, 13(2), 311343.
Hayter, C. S., & Cahoy, D. R. (2018). Toward a strategic view of higher education social responsibilities: A dynamic capabilities approach. Strategic Organization, 16(1), 12-34. https://doi.org/10.1177/1476127016680564
Hendrawan, M. R. (2019). Manajemen pengetahuan: Konsep dan praktik berpengetahuan pada organisasi pembelajar. Universitas Brawijaya Press.
Hitt, M. A., Keats, B. W., & DeMarie, S. M. (1998). Navigating in the new competitive landscape: Building strategic flexibility and competitive advantage in the 21st century. Academy of Management Perspectives, 12(4), 22-42. https://doi.org/10.5465/ame.1998.1333922
Kianto, A., Ritala, P., Spender, J.-C., & Vanhala, M. (2014). The interaction of intellectual capital assets and knowledge management practices in organizational value creation. Journal of Intellectual Capital, 15(3), 362375. https://doi.org/10.1108/JIC-05-2014-0059
Lee, S. M., & Trimi, S. (2021). Convergence innovation in the digital age and in the COVID-19 pandemic crisis. Journal of Business Research, 123, 14-22. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.09.041
Lolita, L. (2019). Penerapan manajemen pengetahuan dalam kelas: The Bukowitz and Williams KM cycle dalam metode pembelajaran peer-assisted learning (Pal). E- Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), Article 5.
Lolita, L. (2019). Penerapan manajemen pengetahuan dalam kelas: The Bukowitz and Williams KM cycle dalam metode pembelajaran Peer-assisted Learning (PaL). E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 737-746.
Lumbantobing, P. (2016). Knowledge management: Konsep, arsitektur dan implementasi (2nd Ed.). KMSI.
Lyu, H., & Zhang, Z. (Justin). (2015). Job quitters, information security awareness, and knowledge management strategies. Journal of Information Privacy and Security, 11(4), 189210. https://doi.org/10.1080/15536548.2015.1105594
Misbakhuddin, M. (2020). Implementasi manajemen pengetahuan (knowledge management) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Brebes. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 5(1), 24-52. http://dx.doi.org/10.24235/oasis.v5i1.5345
Norbert, N. S., Bischoff, J. E., & Willy, C. J. (2018). Barriers impeding knowledge management for hardware integration and engineering teams. Knowledge Management Research & Practice, 16(4), 537558. https://doi.org/10.1080/14778238.2018.1514289
Nugraha, I. N. B. S., Agustini, K., Warpala, I. W. S., & Sudatha, I. G. W. (2022). Implemetasi manajemen pengetahuan sebagai upaya pengembangan lembaga pendidikan unggul pada TK. Widya Nugraha Batubulan. https://doi.org/10.5281/zenodo.7189247
Nuryana, Z. (2017). Knowledge management sebagai upaya pengembangan learning organization di lembaga pendidikan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).11-19
Omotayo, F. O. (2015). Knowledge management as an important tool in organisational management: A review of literature. Library Philosophy and Practice, 1(2015), 1-23.
Ong, J. W., Ismail, H. B., & Goh, G. G. G. (2010). The competitive advantage of small and medium enterprises (SMEs): The role of entrepreneurship and luck. Journal of Small Business & Entrepreneurship, 23(3), 373-391. https://doi.org/10.1080/08276331.2010.10593491
Parente, R. C., Geleilate, J. M. G., & Rong, K. (2018). The sharing economy globalization phenomenon: A research agenda. Journal of International Management, 24(1), 52-64. https://doi.org/10.1016/j.intman.2017.10.001
Petrides, L. A., & Nodine, T. R. (2003). Knowledge management in education: Defining the landscape.
Piorkowski, B. A., Gao, J. X., Evans, R. D., & Martin, N. (2013). A dynamic knowledge management framework for the high value manufacturing industry. International Journal of Production Research, 51(7), 21762185. https://doi.org/10.1080/00207543.2012.709650
Porter, M. E. (2011). Competitive advantage of nations: creating and sustaining superior performance. Simon and Schuster.
Prabowo, H. (2010). Knowledge management di perguruan tinggi. Binus Business Review, 1(2), 407. https://doi.org/10.21512/bbr.v1i2.1087
Pratama, Y. A. (2019). Penerapan knowledge management di SMK Diponegoro Depok. AL-IDARAH: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 293306. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3521
Rasyid, M. K., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2021). Penerapan strategi manajemen pengetahuan untuk meningkatkan kinerja institusi pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5292
Rienties, B., Beausaert, S., Grohnert, T., Niemantsverdriet, S., & Kommers, P. (2012). Understanding academic performance of international students: The role of ethnicity, academic and social integration. Higher education, 63, 685-700. https://doi.org/10.1007/s10734-011-9468-1
Sahibzada, U. F., Jianfeng, C., Latif, K. F., Shafait, Z., & Sahibzada, H. F. (2022). Interpreting the impact of knowledge management processes on organizational performance in Chinese higher education: Mediating role of knowledge worker productivity. Studies in Higher Education, 47(4), 713730. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1793930
Sopandi, O. D., & Sa'ud, U. S. (2016). Implementasi knowledge management pada perguruan tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5629
Sugiyono, S., & Noe'man, A. (2017). Manajemen pengetahuan sistem penilaian raport pada sekolah SMP Islam Terpadu Ar-Rudho Jakarta. Cki on Spot, 10(1). https://www.jurnal.stikomcki.ac.id/index.php/cos/article/view/20
Sumarno, S. (2012). Manajemen pengetahuan untuk meningkatkan mutu sekolah. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 4(02), 8993.
Taqorub, I., Pawenang, S., & Ahmad Bakri, S. H. (2018). Pengaruh manajemen pengetahuan terhadap kualitas pendidikan di SMK Kasatrian Solo Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(02). https://doi.org/10.29040/jie.v2i02.277
Wang, Z., Wang, N., & Liang, H. (2014). Knowledge sharing, intellectual capital and firm performance. Management Decision, 52(2), 230258. https://doi.org/10.1108/MD-02-2013-0064
Wulantika, L. (2012). Knowledge management dalam meningkatkan kreasi dan inovasi perusahaan. UNIKOM, 10(2), 263270. http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/knowledge-management-dalam.2z
Yuliyati, E., & Maghfuri, A. (2020). Implementasi knowledge management di lembaga pendidikan SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51178/invention.v1i1.15
Zahlan, Z., & Wahid, M. S. A. (2019). Implementasi knowledge management dalam meningkatkan mutu dan kebijakan pendidikan di sekolah. Jurnal Magister, 6(16), Article 16. http://journal.unigres.ac.id/index.php/JurnalMagister/article/view/1274
Zaim, H., Muhammed, S., & Tarim, M. (2019). Relationship between knowledge management processes and performance: Critical role of knowledge utilization in organizations. Knowledge Management Research & Practice, 17(1), 2438. https://doi.org/10.1080/14778238.2018.1538669
Zulkifly, Z., Faizal A. Ghani, M., & Elham, F. (2023). The challenge of entrepreneurial leadership secondary school leader in Malaysia. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(02), 171178. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i02.9154
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agryanda Agryanda, Moh Irwansyah, Lin Xinhong, Metly Elika Novebrian Rahayu

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.